.
Breaking News
Home » Berita Umum » UNIB Rintis Kerjasama dengan University of Canberra Australia
UNIB Rintis Kerjasama dengan University of Canberra Australia

UNIB Rintis Kerjasama dengan University of Canberra Australia

BERBAGAI upaya terus dilakukan UNIB untuk meningkatkan atmosfir akademik dan pergaulan internasional dalam rangka mendorong terwujudnya visi menjadi universitas kelas dunia pada 2025. Salah satunya, merintis kerjasama dengan University of Canberra (UC), Australia.

IMG_8218

Penjajakan kerjasama internasional ini diawali dengan forum diskusi yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Kegiatan Kerjasama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) UNIB, di ruang rapat tiga gedung rektorat, Rabu (4/1/2017).

Penyaji pada forum ini adalah Wien Hendriyanto, M.Sc selaku Director of Asia Connecting, Official UC Agent Base in Australia, dengan peserta para pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua-ketua lembaga, direktur program pascasarjana, dan pimpinan unit kerja selingkung UNIB.

Pada kesempatan itu, Wien Hendriyanto memaparkan sejumlah kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan antara UNIB dengan UC – Australia. Kerjasama-kerjasama dimaksud, selain bisa meningkatkan kualitas akademik, juga mampu mendorong terwujudnya visi UNIB.

IMG_8235

“Kerjasama dimaksud bisa berupa pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, program penelitian bersama, dan lain sebagainya. Kami di sini sebagai agent resmi yang siap memfasilitasi agar terwujudnya kerjasama-kerjasama tersebut,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menyambut baik penjajakan kerjasama UNIB – UC ini dan berharap ke depan ada program yang bisa direalisasikan. Namun Rektor menekankan, kerjasama dimaksud tidak hanya serimonial, tapi harus disertai implementasi kegiatan yang nyata.

“Selama ini sudah banyak kerjasama internasional yang kita lakukan tapi lingkup Asia. Dengan universitas di Australia, ada beberapa kerjasama tapi kurang bergairah. Yang sedikit bergairah dan pernah ada kegiatan nyata yaitu dengan La Trobe University, tapi sekarang sudah vakum. Oleh sebab itu, ke depan kita berharap bisa menjalin kerjasama yang lebih bergairah lagi dengan universitas-universitas di Australia,” ujarnya.

IMG_8249

Sementara itu, Ketua UPT KSLI UNIB, Guswarni, Ph.D mengatakan, dari forum diskusi ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para pimpinan fakultas, ketua-ketua lembaga, direktur program pascasarjana dan pimpinan unit kerja untuk merancang program kerjasama internasional yang akan dilakukan ke depan.

“Ini bisa menjadi bahan diskusi lanjutan di tingkat fakultas, lembaga dan unit kerja. Kerjasama internasional penting bagi kita dalam meningkatkan kualitas akademik dan sudah menjadi kebutuhan dalam rangka mewujudkan visi UNIB menjadi universitas kelas dunia,” ujarnya. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates