.
Home » Berita Umum » Seminar Pengembangan Karakter Bagi Mahasiswa Bidik Misi
Seminar Pengembangan Karakter Bagi Mahasiswa Bidik Misi

Seminar Pengembangan Karakter Bagi Mahasiswa Bidik Misi

MENGAWALI masa perkuliahan tahun 2017, Bagian Kemahasiswaan Biro PPK (Perencanaan, Pendidikan dan Kemahasiswaan) dan UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM) Universitas Bengkulu menggelar seminar pengembangan karakter bagi ratusan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi. Kegiatan ini dihelat di Hotel Nala Pantai Panjang Kota Bengkulu, Rabu (18/1/2017).

bidik misi1

Kegiatan bernuansa akademis dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Cerdas, Kreativ, dan Inovatif” ini dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNIB, Dr. Mochamad Ridwan, MP dan dimoderatori Ketua UPT PKM, Bustanuddin Lubis, M.A.

Tampak hadir juga Kepala Biro PPK UNIB Dra. Proklampiati, MM, Kepala Bagian Kemahasiswaan Dra. Luthfia, serta para Kepala Sub Bagian dan staf Bagian Kemahasiswaan.

bidik misi 2

Sedangkan pemateri yang dihadirkan merupakan expert di bidangnya dan saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UNM), yaitu Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd.

Pada acara yang sama, selain diberi materi tentang pengembangan karakter, ratusan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi juga mendapatkan materi motivasi yang disampaikan motivator nasional Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd yang juga meruapakan salah satu dosen di UNM.

bidik misi 3

Dalam paparannya, Dr. Syamsul Hadi menjelaskan, pengembangan pendidikan karakter pada tiap level pendidikan khususnya bagi mahasiswa di perguruan tinggi saat ini sudah menjadi isu utama. Sebab pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam mensukseskan Indonesia Emas 2025.

bidik misi4

Pendidikan Karakter itu sendiri kata Dr. Syamsul Hadi, memiliki makna lebih tinggi daripada pendidikan moral karena bukan sekedar mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk. Tapi lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik sehingga mahasiswa menjadi paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik.

“Paradigmanya sudah berubah, bukan lagi mengajarkan agar mahasiswa mengetahuai, tapi bagaimana mahasiswa memahami dan dapat merasakan serta mau melakukan yang baik,” papar Dr. Syamsul.

Di akhir paparan, Dr. Syamsul Hadi memberikan ruang diskusi kepada para mahasiswa Bidik Misi dipandu moderator. Kesempatan ini disambut antusias oleh para mahasiswa, sehingga hampir sebagian besar tunjuk tangan untuk bertanya dan menyampaikan ide-ide segarnya. Namun karena keterbatasan waktu, moderator berinisiatif memberikan pembatasan jumlah penanya.

bidik misi 5

Melihat antusiasme dari para mahasiswa yang begitu tinggi, Dr. Syamsul Hadi tampak bersemangat dan memberikan apresiasi kepada para mahasiswa Bidik Misi UNIB yang begitu peduli tentang pentingnya pendidikan karakter. “Saya sangat senang dan bangga, materi seminar ini mendapat respon sangat baik dari para mahasiswa,” ujarnya seraya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta seminar.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian cindera mata oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNIB Dr. M. Ridwan kepada Dr. Syamsul Hadi dan Dr. Hj. Umi Dayati, sebagai ungkapan terimakasih karena telah menyempatkan diri berbagi pengalaman dan memberikan pengkayaan pengetahuan kepada para mahasiswa UNIB. [Laporan : Denis K. Foto : Ngamarudin. Editing : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates