.
Breaking News
Home » Berita Umum » Sukses, UNIB Bertahan 10 Besar Nasional Keterbukaan Informasi Publik
Sukses, UNIB Bertahan 10 Besar Nasional Keterbukaan Informasi Publik

Sukses, UNIB Bertahan 10 Besar Nasional Keterbukaan Informasi Publik

HARI ini tanggal 20 Desember 2016, Rektor Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB Alimansyah, M.Si menghadiri undangan Komisi Informasi Pusat (KIP) RI ke Istana Wakil Presiden di Jakarta untuk menerima penghargaan ranking 6 terbaik nasional dalam hal Keterbukaan Informasi Publik.

KIP 2

“Alhamdulilah sukses untuk kita semua. Setelah melalui pemeringatan yang ketat oleh KIP RI, akhirnya UNIB berhasil mempertahankan posisi di 10 besar. Dibanding tahun lalu, ranking kita meningkat dari 9 menjadi 6 terbaik nasional.

“Penghargaan ini langsung diberikan Wakil Presiden M. Yusuf Kalla kepada Rektor kita, Dr. Ridwan Nurazi di istana Wakil Presiden,” ,” ujar PPID UNIB, Alimansyah yang ikut menghadiri acara tersebut.

KIP 3

Ditambahkan Alimansyah, jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam program KIP ini juga meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 60-an universitas, saat ini sudah 87 universitas. Dengan demikian, kompetisi dalam program ini semakin meningkat karena masing-masing universitas berusaha untuk menjadi yang terbaik.

“Kompetisi semakin ketat. Karena itu, kita sangat bersyukur bisa meraih ranking 6 besar terbaik nasional Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi,” tukas Alimansyah seraya mengucapkan terimakasih kepada segenap pimpinan UNIB, para dekan, pimpinan lembaga dan pihak-pihak terkait yang telah berpartisipasi atas pencapaian ini.

KIP 1

Sebagaimana berita dilansir website UNIB sebelumnya, dalam melakukan pemeringkatan, KIP RI setidaknya memiliki empat indikator penilaian guna melihat realisasi keterbukaan informasi publik di badan publik.

Keempat indikator itu adalah mengumumkan informasi publik, menyediakan informasi publik, pelayanan informasi publik, serta pengelolaan dan pendokumentasian informasi publik.

Untuk mengklarifikasi dan memverifikasi isian borang, Jumat (9/12/2016) lalu, Tim dari KIP RI telah melakukan visitasi ke UNIB. Tim Visitasi ini dikoordinir Komisioner KIP, Yhanu SH, MH, didampingi Kasubbag Penyelesaian Sengketa Informasi KIP, Ramlan Ahmad, B.Ac dan Leny sebagai verifikator.

Informasi teranyar diterima Tim Humas, Perguruan Tinggi Negeri yang masuk rangking 10 besar terbaik nasional berdasarkan pemeringkatan KIP, yaitu Universitas Indonesia (UI) menempati rangking satu, kedua Universitas Brawijaya, ketiga Institut Pertanian Bogor (IPB), keempat Universitas Padjajaran (UNPAD), kelima Universitas Gadjah Mada (UGM), keenam Universitas Bengkulu (UNIB), ketujuh Universitas Malang (UM), delapan Institut Teknologi Bogor (ITB), sembilan Universitas Lambung Mangkurat, dan kesepuluh Universitas Andalas-Padang (UNAND).

Selamat untuk UNIB !

 [Penulis : Purna Herawan. Foto : PPID]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates