.
Breaking News
Home » Berita Umum » Seminar Sosialisasi Buku “Perbankan Syariah di Indonesia”
Seminar Sosialisasi Buku “Perbankan Syariah di Indonesia”

Seminar Sosialisasi Buku “Perbankan Syariah di Indonesia”

BANK INDONESIA (BI) Perwakilan Provinsi Bengkulu menggelar seminar dan sosialisasi Buku “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia” serta melakukan diskusi kajian “Penggunaan Bilyet Giro dan Cek di Masyarakat,” Kamis (8/12/2016). Acara ini dihelat di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB dan dihadiri para pimpinan bank, ratusan mahasiswa, ekonom, praktisi lembaga ekonomi syariah, dan MUI Provinsi Bengkulu.

IMG_6781

Kegiatan akademik ini sangat menarik dan disambut antusias oleh peserta seminar, karena pembicara yang dihadirkan sangat kompeten yaitu Direktur Departemen Riset Kebangsentralan Bank Indonesia, Dr. Siti Astiyah dan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc didaulat sebagai keynote speacker.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia Saputra yang diwakili Deputi Kepala, Cristin R Sidabutar mengatakan, perkembangan lembaga ekonomi syariah di Provinsi Bengkulu hingga periode September 2016 masih sangat baik namun masih banyak kendala yang dihadapi terutama masih minimnya pemahaman masyarakat tentang bank syariah.

Untuk memberikan pemahaman seluas-luasnya kepada masyarakat, Bank Indonesia dan pihak-pihak terkait lainnya terus melakukan berbagai upaya sosialisasi melalui berbagai media. “Seperti yang kita lakukan hari ini. Ini merupakan rangkaian upaya memasyarakatkan lembaga ekonomi syariah dan menjadi wadah untuk sharing informasi tentang perjalanan dan perkembangan Bank Syariah di Indonesia,” ujarnya.

IMG_6792

Sementara itu, sebagai salah seorang ekonom, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi menyambut baik kegiatan ini dan berharap dengan acara sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman serta menyebarluaskan informasi tentang kelembagaan ekonomi syariah kepada masyarakat khususnya lingkungan akademik.

“Kegiatan ini sangat penting dalam memajukan perekonomian masyarakat. Buku Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia yang disusun oleh Tim BI ini dapat menjadi petunjuk dan panduan bagi para pelaku ekonomi dan memberi pengkayaan ilmu pengetahuan bagi dunia akademik khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” papar Rektor.

IMG_6799

Direktur Departemen Riset Kebanksentralan (DRK) BI, Dr.Siti Astiyah, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah ikut berkontrbusi dalam pensosialisasian Buku “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia.”

Buku ini kata Dr. Siti, menjelaskan tentang sejarah perkembangan perbankan syariah di Indonesia, yang tidak terlepas dari perkembangan ekonomi syariah dunia. Dengan publikasi buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran perkembangan Bank Syariah dan lebih mengenalkan Bank Syariah pada masyarakat.

“Tonggak perkembangan Bank Syariah di Indonesia diawali tahun 1992 dan saat ini perbankan syariah mengalami kemajuan yang sangat signifikan dan menjadi salah satu pendongkrak utama perekonomian Bangsa. Permasalahannya, masyarakat belum terlalu familiar dengan sistem perbankan syariah. Oleh sebab itu, kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” paparnya. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates