.
Breaking News
Home » Berita Umum » Humas Berdayakan Media Agent untuk Keterbukaan Informasi Publik
Humas Berdayakan Media Agent untuk Keterbukaan Informasi Publik

Humas Berdayakan Media Agent untuk Keterbukaan Informasi Publik

PERSONIL Humas di bawah koordinasi Kepala Bagian Umum dan Humas Biro Sumber Daya Universitas Bengkulu, memberikan pelatihan penulisan naskah berita dan bahan publikasi serta teknik protokoler bagi puluhan Media Agent, di hotel Splas Kota Bengkulu, Sabtu (10/12/2016).

2

Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah dilaksanakannya pemantapan program dan pemilihan personil Media Agent oleh PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan Sub Bagian HUMAS (Hubungan Masyarakat) UNIB sejak tahun 2015 lalu.

Program pembedayaan Media Agent merupakan salah satu upaya mengatasi kendala keterbatasan jumlah sumber daya manusia (SDM) untuk mendapatkan, mengumpulkan, mengelola dan menyiapkan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

3

Program ini juga bagian dari upaya mempertahankan peringkat 10 besar terbaik nasional dalam hal Keterbukaan Informasi Publik kategori Perguruan Tinggi Negeri yang dianugerahkan pemerintah pusat kepada UNIB tahun 2015 lalu. Ini setelah melalui proses penilaian dan pemeringkatan yang akuntabel oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia.

“Hasil pemeringkatan KIP RI memberikan motivasi agar kita senantiasa melaksanakan pelayanan informasi publik yang prima. Kita harus mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,” ujar Kasubag HUMAS UNIB, Herlina Utami, SE ketika menyampaikan laporan kegiatan.

Dijelaskan Herlina, para Media Agent merupakan tenaga kependidikan baik PNS maupun non PNS perwakilan fakultas, lembaga dan unit-unit kerja selingkung UNIB. Mereka dipilih dan ditunjuk langsung oleh atasan karena dianggap mampu menjadi volunteer PPID dan HUMAS UNIB dalam hal pelayanan informasi publik.

“Secara fungsi manajemen kita semua adalah Humas. Seluruh keluarga besar UNIB, memiliki fungsi melekat untuk menjaga nama baik institusi. Namun secara teknis dan strategis para Media Agent diberikan tugas tambahan sebagai perpanjangan tangan PPID dan HUMAS dalam pelayanan informasi publik,” tukasnya.

1

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Umum dan Humas, Ir. Trisnawati mewakili Kepala Biro Umum dan Sumber Daya UNIB Ir. Ahmad Nezar yang tidak bisa hadir karena sedang tugas dinas di luar kota.

Trisnawati menyambut baik terlaksananya kegiatan ini dan menekankan bahwa pemberdayaan Media Agent merupakan salah satu upaya strategis meningkatkan pelayanan informasi publik di UNIB.

Keterbukaan informasi publik sangat dibutuhkan masyarakat dan saat ini regulasinya sangat jelas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Jadi, kegiatan ini penting sebagai suatu rangkaian upaya pelayanan prima bidang keterbukaan informasi publik demi terwujudnya transparansi yang dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu, kita harus serius, kosisten dan berkesinambungan melaksanakan program ini,” tukasnya.

Materi pelatihan kali ini lebih difokuskan pada pengetahuan dan keterampilan yang identik dengan Jurnalistik yaitu tentang teknik mendapatkan, mengumpulkan, mengelola, mengelompokkan serta menyampaikan informasi publik di selingkung UNIB.

Informasi tersebut dikemas dalam bentuk berita faktual, aktual, penting dan menarik serta mudah diakses dan dipahami masyarakat yang kemudian disampaikan melalui media resmi universitas seperti website www.unib.ac.id, Tabloid WARTA UNIB dan media kehumasan lainnya.

4

Para pemateri merupakan personil PPID dan HUMAS UNIB sendiri, dengan metode penyampaian yang sederahan dan lebih menekankan pada hal-hal bersifat praktis Kejurnalistikan, kemudian penyamaan persepsi tentang pelayanan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat.

5

Selain itu para Media Agent juga diberikan materi tambahan tentang keprotokoleran sebagai upaya regenerasi dan mengatasi terbatasnya jumlah personil protokoler di UNIB. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

6

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates