.
Breaking News
Home » Berita Utama » UNIB Tuan Rumah Seminar dan Musyawarah Kerja V APMAPI
UNIB Tuan Rumah Seminar dan Musyawarah Kerja V APMAPI

UNIB Tuan Rumah Seminar dan Musyawarah Kerja V APMAPI

PROGRAM Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan (MAP) Universitas Bengkulu menjadi tuan rumah Seminar Nasional dan Musyawarah Kerja ke V Asosiasi Pengelola MAP Indonesia (APMAPI) tahun 2016. Kegiatan itu dihelat di hotel Santika, Kota Bengkulu, selama tiga hari, dan telah dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc pada Jumat sore (11/11/2016).

1Acara pembukaan dimeriahkan penampilan tari kreasi Sekapur Sirih dan atraksi Musik Dol yang mengundang decak kagum dari para peserta Seminar dan Muker V APMAPI. Kemudian dilanjutkan laporan Ketua Panitia Penyelenggara Prof. Dr. H. Rohiat, M.Pd, sambutan Ketua APMAPI Prof. Udin Syaefudin Saud, Ph.D dan sambutan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sekaligus membuka rangkaian acara yang berlangsung hingga 13 Nopember 2016.

2Prof. Dr. H. Rohiat melaporkan, tema besar yang diangkat pada Seminar Nasional dan Musyawarah Kerja V APMAPI tahun 2016 ini adalah “Standarisasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Kepala/Pengawas Sekolah di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.”

Tujuan kegiatan ini yaitu untuk merumuskan Program Kerja dan Memilih Pengurus APMAPI periode 2016-2020. Kemudian untuk penguatan standarisasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi MAP, serta meningkatkan kolaborasi antar lembaga dalam peningkatan kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

3Berdasarkan registrasi akhir, peserta Musyawarah Kerja yang hadir tercatat 75 orang yang merupakan Ketua dan Sekretaris Program Studi MAP (jenjang S1, S2, dan S3) dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia, antara lain dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Kristen Indonesia – Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan – Yogyakarta, Universitas Pakuan Bogor, IAIN Purwokerto, Unmul – Samarinda, Uninus Bandung, Universitas Negeri Padang, Universitas Lampung, Universitas Jambi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Syah Kuala Banda Aceh.

Untuk peserta seminar nasional, tercatat hampir 200 peserta yang sudah registrasi. Peserta seminar adalah dari unsur guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan, dosen, mahasiswa dan praktisi pendidikan. “Jumlah ini lumayan banyak yang sekaligus mengindikasikan bahwa peran APMAPI dalam peningkatan kompetensi Kepala dan Pengawas Sekolah semakin dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat dunia pendidikan,” ujar Prof. Rohiat.

4Pemateri atau keynote speaker pada Seminar Nasional ini adalah para expert di dunia pendidikan, yaitu Prof. Dr. H. Bunyamin Maftuh, MA, M.Pd yang merupakan Guru Besar UPI dan saat ini menjabat Direktur Karir dan Kompetensi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kemudian, Prof. Dr. Siswandari, M.Stat yang merupakan Guru Besar UNS yang juga Ketua LPPKS Surakarta, Solo, dan Ketua Umum APMAPI Prof. Dr. Udin Syaefudin, M.Ed  (UPI), serta Sekretaris APMAPI Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd yang merupakan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Dekan FKIP UNIB Prof. Dr. Sudarwan, M.Pd.

“Selaku tuan rumah, kami sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir. Semoga dengan kegiatan ini dapat mendorong APMAPI semakin maju dan mampu memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia,” tukas Prof. Rohiat.

56Sementara itu, Ketua Umum APMAPI Prof. Udin Syaefudin dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini dengan sukses. “Selaku tuan rumah yang baik, tentu kegiatan bertaraf nasional ini akan turut memberikan dampak positif bagi harumnya nama Bengkulu di kancah pendidikan nasional,” ujarnya.

7Pantauan Humas Unib, selain didaulat membuka secara resmi kegiatan Seminar dan Musyawarah Kerja V APMAPI, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc juga melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ketua LPPKS Surakarta – Solo, Prof. Dr. Siswandari, M.Stat. Kemudian dilanjutkan juga dengan penandatanganan MoU antara Dekan FKIP UNIB Prof. Dr. Sudarwan Danim dengan Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong dari FKIP Universitas Negeri Gorontalo.[Penulis/foto : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates