.
Breaking News
Home » Berita Umum » Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmad
Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmad

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmad

HARI Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Namun karena tanggal 1 Oktober 2016 jatuh pada hari Sabtu yang merupakan hari libur, maka upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Universitas Bengkulu baru dilaksanakan hari Senin, 3 Oktober.

IMG_3617

Upacara yang dihelat di lapangan gedung Rektorat ini dipimpin langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dan berlangsung tertib dan hikmad. Tampak hadir para Wakil Rektor, para kepala lembaga, para dekan, kepala biro, serta ratusan dosen, karyawan serta mahasiswa.

Bertindak sebagai petugas upacara adalah para mahasiswa dari Fakultas MIPA. Satu per satu rangkaian acara dilalui dengan sukses, dan hingga upacara selesai tidak terjadi hambatan yang berarti.

IMG_3624

Selain mendengarkan pembacaan Pembukaan UUD 1945, pada upacara ini petugas juga membacakan Ikrar Kebangsaan yang diterbitkan Ketua DPR RI Ade Komarudin dan disebarluaskan ke seluruh Tanah Air.

Upacara kali ini tanpa amanat atau sambutan dari Rektor. Namun hingga upacara selesai, seluruh peserta upacara tampak semangat dan sangat menghayati makna peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

IMG_3620

Sejarah mencatatkan bahwa gerakan G 30 S PKI ini merupakan salah satu masa kelam yang dialami oleh Indonesia setelah era kemerdekaan belum lama telah berhasil direbut dari tangan penjajah.

Tepat pada pukul 21.00 WIB tanggal 1 Oktober 1965, lewat Mayor Jenderal Soeharto pemerintah telah mengumukan bahwa PKI di Indonesia telah berhasil ditumpas. Kemudian tanggal 1 Oktober ini dikenang sebagai hari kesaktian Pancasila.  [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates