.
Home » Berita Umum » Ketua BPK Kuliah Umum di UNIB
Ketua BPK Kuliah Umum di UNIB

Ketua BPK Kuliah Umum di UNIB

DALAM rangkaian kunjungannya ke Provinsi Bengkulu, Selasa pagi (11/10/2016), Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), Dr. H. Harry Azhar Azis, MS, memenuhi undangan Rektor UNIB untuk memberikan kuliah umum dengan tema “Peran BPK dalam Pemeriksaan Keuangan Negara untuk Kesejahteraan Rakyat.”

IMG_3800

Kuliah umum yang berlangsung di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB ini disambut antusias oleh ratusan mahasiswa program S1, S2, dan S3 selingkung UNIB. Selain mahasiswa, hadir juga para dosen, ketua senat universitas, para wakil rektor, para dekan, serta para pejabat yang merupakan unsur Forum Pimpinan Daerah di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan akademik semacam ini tergolong istimewa, mengingat untuk menghadirkan seorang pejabat negara yang juga tokoh nasional seperti Dr. Harry Azhar Azis bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, tidak heran jika kuliah umum kali ini disambut antusias oleh para mahasiswa UNIB dan dosen.

“Kita tahu beliau merupakan pejabat tinggi negara yang super sibuk. Namun alhamudilillah, kita patut bersyukur, hari ini kita bisa menghadirkannya ke Universitas Bengkulu untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Tupoksi BPK sebagai lembaga tinggi negara, juga tentang kebijakan-kebijakan nasional yang patut diketahui publik dalam rangka memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, ketika membuka acara.

Melalui kuliah umum ini Rektor berharap dapat memberikan pencerahkan, menambah pengkayaan ilmu pengetahuan bagi para mahasiswa dan dosen, sekaligus memberikan efek stimulan dalam memotivasi kemajuan Universitas Bengkulu sehingga menjadi World Class University (WCU) yang sejajar dengan universitas-universitas terkemuka lainnya.

IMG_3819

Sementara itu, dalam kuliah umum yang berdurasi kurang lebih 2,5 jam, Ketua BPK RI Dr. Harry Azhar Azis memaparkan sejumlah hal, antara lain tentang visi dan misi BPK, Arah Pengembangan Pemeriksaan BPK, dan Opini atas Laporan Keuangan dan kolerasinya dengan Kesejahteraan Rakyat.

Kemudian Dr. Harry juga memaparkan tentang Marwah Laporan Hasil Pemeriksaan BPK (LHP-BPK) dalam Meminimalisir Kerugian Negara, serta tentang tindak lanjut Hasil Pemeriksaan BPK yang diserati dengan contoh-contoh kasus, dan banyak lagi persoalan pemeriksaan keuangan yang dijelaskannya dalam rangka memberikan pemahaman tentang Tupoksi dan tujuan institusi BPK dalam rangka mewujudkan tujuan Negara.

IMG_3862

Kegiatan kuliah umum ini berlangsung tertib dan hikmad serta diikuti dengan serius oleh para mahasiswa. Untuk menjaga suasana tidak monoton, usai memaparkan materinya, Dr. Harry memberikan kesempatan bertanya dan mengutarakan pendapat bagi para peserta kuliah umum. Kegiatan ini langsung dimoderatori oleh Rektor UNIB dan bagi penanya atau pemberi statmen, BPK memberikan bingkisan berupa buku.[penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates