.
Breaking News
Home » Berita Umum » Badan Legislasi DPR RI Kunker ke UNIB
Badan Legislasi DPR RI Kunker ke UNIB

Badan Legislasi DPR RI Kunker ke UNIB

SEBANYAK 13  anggota Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) beserta beberapa staf yang dipimpin Arif Wibowo selaku Ketua Tim/Wakil Ketua BALEG (Fraksi PDIP), melakukan kunjungan kerja ke kampus hijau Universitas Bengkulu, Rabu (26/10/2016).

1

Tiba di gedung rektorat UNIB, rombongan diterima langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc didampingi para Wakil Rektor, para dekan dan unsur pimpinan UNIB lainnya.  Usai berbincang sesaat di ruang kerja Rektor,  rombongan kemudian menggelar pertemuan di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB yang dihadiri para Dekan, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa.

Dalam pertemuan yang berlangsung pukul 13.30 WIB itu, tampak hadir pula Asisten Bidang Pemerintah Sekretariat Pemerintah Provinsi Bengkulu, Dr. Iskandar ZO didampingi Kepala Biro Hukum Sekprov, para ketua lembaga di lingkungan UNIB dan perwakilan perguruan tinggi lain.

2

Ketua Tim Kunker Baleg DPR RI, Arif Wibowo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyerap aspirasi, meminta masukan dan saran dari kalangan akademis di Provinsi Bengkulu terkait Penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2017.

“Pada kesempatan ini kami juga mau melaporkan kepada stakeholder di Bengkulu, bahwa BALEG DPR RI sudah menyusun Daftar Prolegnas Rancangan UU Prioritas 2016 dan Perubahan Prolegnas RUU Tahun 2015-2019 yang disahkan melalui Rapat Paripurna DPR RI beberapa waktu lalu,” ujar Arif.

IMG_4486

Ditambahkan Arif Wibowo, dalam rangka pembahasan Penyusunan Prolegnas Prioritas 2017, BALEG DPR RI terlebih dahulu melakukan kunjungan ke daerah-daerah dan berdiskusi dengan banyak kalangan untuk mendapatkan masukan dan saran, sehingga RUU yang disusun dan disahkan nantinya sesuai dengan aspirasi masyarakat banyak.

“Kami membentuk dan melaksanakan tiga kunjungan kerja, yaitu ke Bengkulu, ke Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah. Setiap aspirasi yang berkembang di dalam setiap Kunjungan Kerja ini tentu akan dipertimbangkan oleh BALEG DPR RI dalam pembahasan RUU,” tukasnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menyambut baik Kunker BALEG DPR RI ini dan berharap setiap aspirasi yang disampaikan oleh para dosen dan peneliti UNIB khususnya dari dosen Fakultas Hukum dapat memberikan pengkayaan informasi dan penekanan-penekanan dalam materi pembahasan RUU prioritas nantinya.

3

Seperti yang disampaikan Dekan Fakultas Hukum UNIB Prof. Herawan Sauni yang pada kesempatan itu menjelaskan bahwa para dosen dan peneliti FH UNIB sangat konsen dengan persoalan agraria, pertanahan dan sumber daya alam. Oleh sebab itu, diharapkan BALEG DPR RI dapat melibatkan para dosen dan peneliti FH UNIB dalam pembahasan RUU tersebut.

“Kami dari FH UNIB sudah sejak lama membicarakan persoalan regulasi di bidang agraria, pertanahan dan pengelolaan/pemberdayaan sumber daya alam. Banyak sekali yang harus dibahas terkait masalah ini. Oleh sebab itu, jika memungkinkan kami berharap FH UNIB dapat dilibatkan secara intens dalam pembahasan RUU, sehingga hasil-hasil peneltian dan pembahasan para dosen selama ini dapat berkontribusi dalam penyusunan UU,” ujar Prof. Herawan.

Menanggapi permintaan tersebut, Arif Wibowo menyambut positif dan akan menyampaikan kepada pimpinan Komisi II DPR RI yang membidangi pertanahan dan agraria. “Persoalan pertanahan, agraria dan pemberdayaan SDA dibahas di Komisi II. Kebetulan saya juga sebagai anggota Komisi II. Nanti aspirasi para dosen FH UNIB akan saya sampaikan ke pimpinan Komisi II, dan saya akan usulkan FH UNIB dilibatkan dalam pembahasan-pembahasan RUU bidang agraria dan pertanahan,” ujarnya.

Acara Kunjungan Kerja BALEG DPR RI itu diakhiri dengan saling memberi cindera mata berupa plakat UNIB kepada Ketua Tim, dan sebaliknya. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

5

Anggota DPR RI yang ikut dalam rombongan Kunker :

1. Arif Wibowo (Ketua Tim/F. PDIP), 2. Irmadi Lubis (F.PDIP), 3. Ono Surono (F.PDIP), 4.Jalaludin Rahmat (F.PDIP), 5. Andi Rio Idris (F.PG),  6. Padjalangi (F.PG), 7. H. Noor Achmad (F.PG), 8. drg.Putih Sari (F. P. Gerindra), 9. Rooslynda Marpaung (F.PG), 10. Haerudin (F.PAN), 11. Siti Mukaromah (F.PKB), 12. H. Muhammad Iqbal (F.PPP), 13. Sulaeman L Hamzah (F. P. Nasdem).

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates