.
Home » Berita Utama » Rektor Lantik PB IKAL UNIB 2016-2019
Rektor Lantik PB IKAL UNIB  2016-2019

Rektor Lantik PB IKAL UNIB 2016-2019

SETELAH sukses menggelar Musyawarah Besar (MUBES) yang menetapkan H. Mohamad Saleh, SE sebagai Ketua Ikatan Alumni UNIB beberapa waktu lalu, Kamis pagi (1/9/2016), organisasi tempat bernaungnya para lulusan sesuai amanat statuta UNIB itu melakukan pengukuhan pengurus besar untuk periode 2016-2019.

P_20160901_092718_p

Pelantikan dan pengukuhan PB IKAL UNIB dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc di ruang rapat utama gedung rektorat. Acara ini dihadiri Ketua Senat Universitas Prof. Dr. Ir. Alnofri, Gubernur Bengkulu yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Setprov Bengkulu Drs. Siptemelian, Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda, puluhan alumni, dosen, mahasiswa serta undangan lainnya.

P_20160901_102819_1_p

Prosesi pengukuhan berjalan tertib dan khidmad yang diawali dengan kata-kata pelantikan dari Rektor, kemudian dilanjutkan deklarasi pengukuhan yang dibacakan Sekretaris PB IKAL UNIB Dr. Ruslan Wijaya dan diikuti serentak oleh seluruh pengurus di bawah panji berlogo UNIB.

Komposisi PB IKAL UNIB sendiri diisi oleh para alumni yang saat ini sudah terbilang sukses meniti karier di bidangnya dan kiprahnya di tengah masyarakat cukup mumpuni. Mereka berasal dari kalangan birokrat, politisi, pengusaha, insan pers, penggiat sosial, bahkan sejumlah dosen UNIB juga banyak yang menempati posisi strategis di kepengurusn PB IKAL UNIB ini.

Susunan Pengurus PB IKAL UNIB Periode 2016-2019 klik di sini : PENGURUS PB IKAL UNIB PERIODE 2016

P_20160901_102930_1_p

Usai acara pengukuhan, IKAL UNIB menggelar diskusi ilmiah yang mengangkat tema : Peran Alumni dalam Mengangkat Harkat Provinsi Bengkulu di Kancah Nasional. Diskusi ilmiah ini melibatkan tiga komponen, yaitu Pemerintah Daerah, Institusi UNIB dan IKAL UNIB sendiri.

Diskusi ini dimaksudkan sebagai wadah curah pendapat dan upaya membangun sinergisitas antara institusi UNIB, Pemerintah Daerah dan para alumni dalam rangka memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

Dan bagi PB IKAL UNIB sendiri, diskusi ilmiah ini merupakan langkah awal dalam rangka menyaring masukan dan ide-ide cemerlang yang nantinya akan dituangkan dalam rencana program kerja periode 2016-2019.

P_20160901_103139_1_p

Terkait dengan rencana program kerja, Ketua IKAL UNIB H. Mohamad Saleh menekankan tiga sasaran utama, yaitu bagaimana IKAL UNIB ikut berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, berkontribusi memajukan institusi UNIB, dan  bagaimana organisasi ini mampu memberikan dampak positif dan membantu peningkatan kesejahteraan para alumni UNIB sendiri.

“Tiga sasaran utama ini menjadi konsen kita dalam menyusun program kerja ke depan. Kita ingin organisasi ini memberikan dampat positif bagi kemajuan masyarakat, kemajuan UNIB dan kemajuan para alumni sendiri,” papar M. Saleh.

P_20160901_093003_1_p

Oleh sebab itu, M. Saleh sangat mengharap dan mengimbau seluruh pengurus IKAL UNIB dan seluruh stakeholder terkait untuk saling bekerjasama secara baik dan berkesinambungan, sehingga mampu menggali berbagai potensi, lalu mengembangkannya dalam berbagai bentuk program kerja yang menghasilkan kebermanfaatan bagi semua pihak.

“Kerjasama dan sinergisitas antar pihak sangat penting. Sebab, melihat komposisi dan kompetensi para pengurus, serta dengan mempertimbangkan berbagai potensi yang dimiliki, Saya yakin organisasi IKAL UNIB ini ke depannya akan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kemajuan daerah dan kemajuan UNIB sendiri,” ujar M. Saleh seraya mengatakan, salah satu program yang akan digalakkan ke depan adalah mendirikan lembaga ekonomi mikro.

P_20160901_094643_1_p

Sementara itu, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi sangat mengapresiasi pengukuhan PB IKAL UNIB ini dan berharap organisasi ini selalu solid dan mampu melaksanakan program kerja secara nyata yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi kemajuan daerah, kemajuan UNIB sendiri, serta peningkatan kesejahteraan para alumni.

“Pasca Mubes tiga bulan lalu, saya melihat sudah ada dinamika di organisasi IKAL UNIB ini. Contohnya dalam penyusunan komposisi pengurus, ada pro kontra. Itu hal biasa dan harus dipandang sebagai suatu hal yang positif,” ujar Rektor.

Yang terpenting tambah Ridwan Nurazi, PB IKAL UNIB ini harus fokus membuat dan melaksanakan  program kerja. Banyak potensi usaha yang bisa dikelola dan dikembangkan oleh IKAL UNIB. “Dan secara institusional kita akan mendukung program pengembangan usaha yang akan dilakukan ke depan, sebab saat ini UNIB sudah menerapkan system BLU,” tukas Rektor. [Penulis/Foto : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates