.
Home » Berita Umum » Hari Raya I’dul Adha 1437 H, UNIB Potong 6 ekor Sapi
Hari Raya I’dul Adha 1437 H, UNIB Potong 6 ekor Sapi

Hari Raya I’dul Adha 1437 H, UNIB Potong 6 ekor Sapi

SUDAH menjadi agenda rutin tahunan, dalam perayaan Hari Raya I’dul Adha, Universitas Bengkulu melakukan acara pemotongan hewan kurban di lingkungan kampus. Namun sedikit berbeda dari tahun lalu, acara pemotongan hewan kurban I’dul Adha 1437 H ini tidak lagi di samping gedung Rektorat, tapi dilaksanakan di dekat Masjid Darul Ulum dengan maksud agar kegiatan ini lebih mendapat berkah dari Allah SWT.

_MG_2666

Jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, namun jumlah tersebut masih di atas rata-rata. Jumlah hewan yang dipotong yaitu 6 (enam) ekor sapi dengan jumlah pengurban 42 orang.

Dari 6 ekor sapi itu, 5 ekor berasal dari keluarga besar UNIB serta 1 ekor dipersembahkan oleh keluarga Bank BNI Kancab Universitas Bengkulu. Daftar pengurban antara lain, Ridwan Nurazi (Rektor), Dwinardi Apriyanto (Wakil Rektor I), Totok Eka Suharto (Wakil Rektor II), Mochamad Ridwan (Wakil Rektor III), Widodo (Wakil Rektor IV), Akhmad Nezar (Kepala Biro USD), Proklampiati (Kepala Biro PPK), Zainal Muktamar (Dosen Fakultas Pertanian/mantan Rektor), Yuwana (Dosen Fakultas Pertanian/mantan dekan), dan Fahrurrozi (Dekan Fakultas Pertanian).

_MG_2681

Berikutnya, Zulbahrum Chaniago (Dekan FMIPA), Boko Susilo (Dekan Fakultas Teknik), Wiryono (Dosen Fakultas Pertanian), Sigit Sudjatmiko (Dosen Fakultas Pertanian), Ashar Johar (Kepala LPTIK), Budiyanto (Dosen Fakultas Pertanian), Tito Sofyan (Dosen Fakultas Hukum), Sularsih Anggarawati (Dosen Fakultas Ekonomi), Joko Susetyanto (Dosen Fakultas Hukum), Bustanuddin Lubih (Dosen FKIP/Ketua PKM), Krisnadi (Kepala Bagian TU Fakultas Ekonomi), Trisnawati (Kepala Bagian Umum dan Humas Biro USD), serta Jalaludin (Kepala Bagian Keuangan Biro USD).

_MG_2691

Selain itu masih banyak daftar pengurban lainnya dari keluarga besar UNIB baik berkurban untuk diri sendiri maupun berkurban untuk keluarganya, seperti M. Mirhasudin (Kepala Bagian Kepegawaian Biro USD) yang berkurban atas nama anaknya Gyan Samladandy Gumay dan Suganda (Kepala Sub Bagian BMN) yang berkurban juga atas nama anaknya Muhammad Zacky Anwar.

Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Universitas Bengkulu, Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto selaku penanggungjawab kegiatan melaporkan, dari enam ekor sapi kurban, diperkirakan rata-rata menghasilkan daging bersih 50 Kg per ekor. Dengan demikian, total daging bersih pada pemotongan hewan kurban ini sebanyak 300 Kg.

_MG_2693

Daging hewan kurban tersebut kata Dr. Totok dibagikan kepada 42 orang pengurban sebanyak 82 Kg, dimana setiap pengurban diberikan 5 kupon yang masing-masing kupon ditukar dengan daging bersih 0,4 Kg. Kemudian sebanyak 218 Kg daging bersih dibagikan kepada masyarakat, panitia, cleaning service dan pegawai honorer yang layak, masing-masing 1 kupon berisi 0,5 Kg daging bersih.

Masyarakat penerima daging hewan kurban dari UNIB adalah warga yang tinggal di permukiman dekat kampus, yaitu terdiri dari 50 Kupon Masyarakat Kelurahan Kandang Limun, 40 Kupon masyarakat Beringin Raya, 32 Kupon masyarakat Talang Kering, dan warga di sekitar kampus UNIB lainnya sebanyak 136 Kupon.

_MG_2757

“Jadi, pada pemotongan hewan kurban tahun ini kita memotong 6 ekor sapi dengan asumsi dapat menghasilkan 300 Kg daging bersih. Dari jumlah dagaing itu, kita menyiapkan 750 Kupon masing-masing kupon berisi 0,4 Kg daging bersih. Semoga kegiatan ini mendapat berkah dari Allah SWT dan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan pada tahun-tahun berikutnya,” demikan paparan Dr. Totok Eka Suharto.

Sementara itu, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sangat mengapresiasi kegiatan ini sebab pemotongan hewan kurban di kampus UNIB sudah menjadi tradisi tahunan di saat Idul Adha . Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi sebagai pengurban dan kepada panitia yang telah mensukseskan acara ini.

_MG_2809

“Semoga kegiatan ini mendapat berkah dan ganjaran pahala berlimpah dari Allah SWT. Ke depannya tradisi mulia ini akan diupayakan untuk terus ditingkatkan baik jumlah pengurban maupun jumlah masyarakat penerima manfaat daging hewan kurban,” ujar Rektor.

Usai mendengarkan laporan Wakil Rektor II dan sambutan Rektor, panitia pemotongan hewan kurban langsung mempersiapkan sapi-sapi yang akan dipotong. Pemotongan sapi pertama dilakukan langsung oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi, dilanjutkan sapi ke dua oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Mochamad Ridwan, sapi ke tiga dipotong oleh Zulbahrum Chaniago (Dekan FMIPA), sapi ke empat disembelih oleh Prof. Yuwana (Dosen Fakultas Pertanian), sapi ke lima dipotong oleh perwakilan Bank BNI dan sapi ke enam dipotong langsung oleh panitia.

_MG_2803

Usai sapi-sapi dipotong dan dibersihkan dagingnya, lalu dilakukan penimbangan oleh panitia yang kemudian dimasukkan ke kantong kresek masing-masing seberat 0,4 Kg. Selang beberapa saat kemudian, masyarakat penerima kupon diperbolehkan mengambil daging yang sudah dipersiapkan. Proses pembagian kupon berlangsung tertib karena masyarakat yang datang silih berganti sehingga tidak terjadi penumpukan antrean.

 Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

Allahu Akbar Walillah Ilham…………………

Selamat Hari Raya I’dul Adha 1437 H tahun 2016.

Semoga Amal Ibadah Kita Mendapat Berkah

dan Diterima oleh Allah SWT ! Amin.

[Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates