.
Breaking News
Home » Berita Umum » Gubernur Bangga pada Universitas Bengkulu
Gubernur Bangga pada Universitas Bengkulu

Gubernur Bangga pada Universitas Bengkulu

GUBERNUR Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, MH mengaku bangga pada Universitas Bengkulu. Sebab di usianya yang masih relatif muda yaitu 34 tahun, UNIB telah memposisikan diri sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang sejajar dengan PTN-PTN lainnya di Indonesia yang relatif lebih dahulu berdiri.

gub1

Kebanggaan gubernur tersebut diungkapkannya ketika didaulat memberikan sambutan pada acara wisuda periode ke-79 yang dihelat di gedung serba guna (GSG) UNIB, Selasa (30/8/2016).

Di hadapan rektor, senat universitas dan ribuan wisudawan yang didampingi orang tuanya, Gubernur menjelaskan, berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrestekdikti) pada tahun 2015 UNIB masuk dalam 10 besar terbaik se Indonesia kategori rasio sumber daya manusia (SDM). Kemudian UNIB juga nomor 9 terbaik nasional kategori keterbukaan informasi publik yang dilansir Komisi Informasi Pusat.

IMG_2600

“Masih banyak capaian prestasi lainnya, termasuk pada wisuda kali ini UNIB telah meluluskan 4 doktor dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Oleh sebab itu, Saya atas nama Gubernur dan Pemerintah Provinsi Bengkulu bangga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada civitas akademika Universitas Bengkulu,” ujar Ridwan Mukti.

Dalam pidatonya, gubernur juga mengatakan, seiring peringatan HUT RI ke-71 dua minggu lalu, Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan puncak peringatan HUT RI yang dipusatkan di Pulau Enggano yang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.

“Melihat Pulau Enggano seperti melihat potret permasalahan yang ada di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu, seperti masalah ketertinggalan dan kemiskinan. Hal ini juga membuat kebijakan pembangunan pemerintah pusat dimulai dari daerah terluar dan perbatasan Indonesia,” ujar gubernur.

Berdasarkan permasalahan yang ada kata gubernur, maka solusi untuk mencapai kemajuan suatu Bangsa, Negara dan daerah tergantung dari kualitas sumber daya manusianya. Kunci untuk mencapai SDM yang kompetitif dan berdaya saing unggul itu ada pada pendidikan.

“Oleh karena itu, pemerintah Provinsi Bengkulu sejak dari awal angat komit untuk memajukan pendidikan yang bermutu di Bengkulu sampai ke seluruh pelosok sehingga rakyat Bengkulu menjadi cerdas, tidak boleh ada yang tidak sekolah karena tidak ada biaya, bahkan sampai jenjang pendidikan tinggi,” papar Ridwan Mukti.

Berbicara jenjang pendidikan tinggi kata gubernur, maka Universitas Bengkulu adalah salah satu PTN yang telah melahirkan lulusan-lulusan berkualitas yang diharapkan dapat berperan besar pada pembangunan daerah dan nasional saat ini.

“Oleh karena itu, kami selalu mendukung penuh keberadaan UNIB agar terus bersama-sama berpartisipasi, bekerjasama dan dapat bersinergi dalam pembangunan Bengkulu di semua bidang dan senantiasa menghasilkan lulusan yang dapat mengisi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

g5

Kepada para wisudawan gubernur berpesan agar mampu menciptakan lapangan kerja, bukan hanya berorientasi menjadi pegawai negeri.

“Saat ini Bengkulu membutuhkan pendekar ekonomi  atau para entrepreneur yang tentunya berasal dari para wisudawan UNIB. Dengan semakin banyaknya pendekar ekonomi, maka laju pembangunan mengalami percepatan dan mendorong daerah ini sejajar posisinya dengan daerah lain yang telah lebih dahulu maju,” tukas Gubernur. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin/MC-AF]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates