.
Breaking News
Home » Berita Umum » HUT RI di Pulau Enggano, Satgas Adopsi Pulau UNIB Serahkan Bantuan
HUT RI di Pulau Enggano, Satgas Adopsi Pulau UNIB Serahkan Bantuan

HUT RI di Pulau Enggano, Satgas Adopsi Pulau UNIB Serahkan Bantuan

DALAM rangkaian peringatan HUT RI ke-71 tahun 2016 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu beserta instansi terkait lainnya termasuk UNIB, telah menorehkan sejarah baru. Yaitu menjadikan Pulau Enggano sebagai pusat peringatan HUT RI ke-71 tingkat provinsi Bengkulu.

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berpenduduk. Secara adminitratif Pulau Enggano merupakan satu kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

enggano 01

Seiring dengan kebijakan pemerintah Joko Widodo – Yusuf Kala yang ingin mewujudkan pembangunan merata mulai dari daerah pinggir, maka Pemerintah Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara beserta instansi terkait lainnya kini tengah menggalakkan pembangunan di Pulau Enggano.

Begitupun Universitas Bengkulu. Untuk mendorong suksesnya program pemerintah pusat, sejak beberapa tahun terakhir UNIB telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melaksanakan program adopsi pulau terluar.

Sebagai upaya untuk menggaungkan pembangunan di Pulau Enggano, Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini memusatkan peringatan HUT RI di pulau yang ditempuh 12 jam perjalanan kapal laut dari Kota Bengkulu itu.

Enggano 03

Upacara pengibaran bendera merah putih dan detik-detik pembacara proklamasi kemerdekaan RI yang untuk pertama kali dilaksanakan secara besar-besaran di Pulau Enggano ini dipimpin oleh Mayor Inf Deksi Van Toni, SH, MM dari Korem 041/Gamas Bengkulu dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) adalah Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, MH.

Selain gubernur, juga hadir pejabat dari pusat seperti Deputi Kemaritiman Sekretaris Kabinet, Ratih Nurdati, Dirjen PRL KKP, Brahmantia Satia Murti P, Deputi IV Kemenpolhukam, Laksamana TNI, Semi John Putra.

Enggano 02

Kemudian hadir pula Danrem 041/Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi SE, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian, para kepala dinas provinsi dan kabupaten, camat dan para kepala desa, para tokoh adat dan tokoh agama, masyarakat setempat serta ratusan pelajar se Kecamatan Enggano.

Usai upacara yang berlangsung khidmad, masyarakat Pulau Enggano menerima secara simbolis berbagai macam bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Dan begitupun dari UNIB, juga ikut memberikan bantuan kepada masyarakat setempat.Enggano 04

Bantuan dari UNIB sendiri diberikan oleh Satgas Adopsi Pulau yang diserahkan secara simbolis oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc kepada masyarakat setempat melalui mahasiswa KKN UNIB periode 79 yang tersebar di seluruh desa di Pulau Enggano.

Setelah pemberian bantuan secara simbolis, gubernur beserta rombongan menuju Desa Meok untuk meresmikan Rumah Pintar dan Kreatif yang dibangun berkat kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Mahasiswa KKN UNIB.

Dan bertepatan dengan rangkaian peringatan HUT RI itu, gubernur dan rombongan juga melakukan tranplantasi terumbu karang di Pulau Dua. Kemudian dilanjutkan peninjauan pengolahan air bersih bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Desa Kaana.

P Enggano 1

Di berbagai sambutan, Gubernur Bengkulu Dr. Ridwan Mukti memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada UNIB yang telah berperan serta secara aktif dalam membangun Pulau Enggano. “Membangun daerah tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja. Peran serta semua pihak sangat diharapkan agar proses perecepatan pembangunan yang kita lakukan bisa optimal. Oleh sebab itu, saya memberikan apresiasi kepada UNIB yang aktif dan terlibat langsung dalam pembangunan Pulau Enggano ini,” ujar Gubernur. [Penulis/foto: MC dan Apriliansyah. Editing : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates