.
Home » Berita Umum » Safari Ramadhan, Ajang Silahturahmi dan Menyerap Aspirasi
Safari Ramadhan, Ajang Silahturahmi dan Menyerap Aspirasi

Safari Ramadhan, Ajang Silahturahmi dan Menyerap Aspirasi

SETIAP bulan Ramadhan Rektor bersama para Wakil Rektor, Kepala Biro, dan Kepala Unit Kerja selingkung Universitas Bengkulu rutin melakukan safari ramadhan dengan mengunjungi seluruh fakultas. Selain untuk memperkuat tali silahturahmi, kegiatan ini menjadi ajang diskusi dan menyerap aspirasi, serta sosialisasi kebijakan dalam rangka memajukan UNIB ke depan.

IMG_9124

Rangkaian kegiatan safari ramadhan kali ini dimulai hari Jumat, 10 Juni 2016 lalu. Rektor bersama rombongan mengunjungi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan disambut antusias oleh pimpinan fakultas, dosen, karyawan serta mahasiswa.

Acara silahturahmi dirangkai dengan diskusi tersebut berlangsung mulai pukul 10.00 WIB di aula dekanat FKIK. Berbagai hal dibahas dalam acara “sambung rasa” yang berlangsung sederhana itu, mulai dari keluhan sarana prasarana, strategi meningkatkan mutu akademik hingga masalah tuntutan dosen dan tenaga kependidikan yang meminta segera direalisasikannya pembayaran remunerasi skema BLU.

IMG_9130

Menanggapi berbagai persoalan yang mencuat dalam diskusi itu, Rektor hanya menanggapi hal-hal yang bersifat kebijakan umum. Hal-hal yang bersifat teknis, Rektor meminta para Wakil Rektor, Kepala Biro dan pimpinan lembaga dan pimpinan unit kerja untuk memberikan tanggapan dan penjelasan.

“Kunjungan kerja seperti ini kita anggap sebagai kebiasaan baik yang akan dilaksanakan terus-menerus. Melalui diskusi ini kita bisa mengutarakan dan mendengarkan secara langsung persoalan yang dihadapi setiap fakultas dan unit kerja. Kritikan, saran dan pendapat yang mencuat pada diskusi ini akan kita tindaklanjuti dalam rangka membangun UNIB agar lebih maju,” papar Rektor.

IMG_9147

Usai kunjungan kerja ke Fakultas KIK, pada hari Senin 13 Juni, Rektor dan rombongan melanjutkan safari ramadhan ke Fakultas Teknik dan pada hari Selasa 14 Juni, mengunjungi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Dalam sesi diskusi, persoalan yang mencuat di masing-masing fakultas hampir sama yaitu seperti masalah peningkatan mutu akademik, masalah tuntutan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana perkuliahan, serta tuntutan kesejahteraan pegawai.

Menariknya, selain menyampaikan keluhan, banyak juga berita bagus yang disampaikan masing-masing fakultas seperti sudah terjadi penambahan program studi baru dan meningkatnya akreditasi di beberapa program studi.

IMG_9159

“Ada bad news dan good news. Berita bagus itu kita berikan apresiasi dan harus dipertahankan. Berita kurang bagus kita upayakan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan sehingga ke depan menjadi good news semua. Nah untuk mencapai yang bagus-bagus itu, kita perlu kebersamaan dan berusaha lebih maksimal lagi,” papar Rektor dalam acara diskusi.

Setelah kunjungan kerja ke Fakultas KIK, Fakultas Teknik dan Fakultas ISIP, beberapa hari ke depan rektor dan rombongan akan melanjutkan safari ramadhan ke fakultas lainnya. Dijadwalkan pada hari Kamis, 16 Juni 2016, pukul 10.00 WIB, kunjungan kerja ke Fakultas Pertanian. Kemudian Jumat, 17 Juni 2016, pukul 16.00 WIB kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Khusus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, acara silahturahmi dan diskusi dirangkai dengan berbuka bersama.

Safari ramadhan Rektor dan rombongan akan dilanjutkan pada Selasa, 21 Juni 2016, pukul 10.00 WIB dengan mengunjungi Fakultas Hukum. Kemudian hari Kamis, 23 Juni 2016, pukul 10.00 WIB kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan terakhir hari Senin 27 Juni 2016 pukul 10.00 WIB, rektor dan rombongan kunjungan kerja ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates