.
Home » Berita Umum » Perdana, FEB UNIB Luluskan Gelar Doktor
Perdana, FEB UNIB Luluskan Gelar Doktor

Perdana, FEB UNIB Luluskan Gelar Doktor

SEJAK berdiri tahun 1982, hari ini Rabu 1 Juni 2016, untuk pertama kalinya Universitas Bengkulu meluluskan mahasiswa dengan gelar Doktor (S3). Penyadang gelar Doktor perdana dari UNIB itu adalah Anzori Tawakal, ST, M.Si yang merupakan peserta angkatan pertama Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB.

anzori

Anzori dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor di hadapan tujuh orang penguji dengan judul desertasi “Strategi Pengembangan Wilayah Pesisir dan Sumber Daya Manusia (SDM) Nelayan di Provinsi Bengkulu”.

Sidang terbuka berlangsung di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB dan ketujuh penguji itu adalah Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Prof. Lizar Alfansi, Dr. Syaiful Anwar AB, dan Dr. Effed Darta Hadi, Prof. Armanu Thoyib, Prof. Kamaludin, dan Dr. Darmansyah. Sidang ini juga dihadiri keluarga dan kolega Ansori Tawakal serta undangan lainnya.

“Setelah menimbang berbagai aspek akademik dalam ujian tertutup maupun ujian terbuka pada hari ini. Kami memutuskan Saudara Ansori Tawakal lulus dengan Sangat Memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor mulai detik ini,” demikian diungkapkan Tim Penguji, Prof. Lizar Alfansi yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB.

IKAN-Kepala-DKP-Benteng

Anzori Tawakal mengaku sangat puas dengan keputusan ini dan dirinya merasa terharu serta mengucapkan terimakasih kepada keluarga, sanak family, sahabat dan kolega yang telah mensupportnya untuk mendapatkan gelar Doktor ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada almamater UNIB yang telah meluluskan dan memberikan gelar akademik ini,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Tengah ini.

Program Doktor (S3) Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB dilaunching Desember 2013 lalu. Program ini merupakan Program Doktor Ilmu Manajemen pertama di Sumatera yang bersifat mandiri, bukan program kerjasama.

Saat peresmian program doktor ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB Prof. Dr. Lizar Alfansi, mengaku sangat bahagia. Sebab, selain dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pendidikan masyarakat, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dalam menghadapi pemberlakuan pasar bebas ASEAN (AFTA) 2015, dan internasionalisasi perguruan tinggi, khususnya mendorong UNIB menjadi universitas  berkelas dunia pada 2025.

80Peresmian-S3-Manajemen1

“Program Doktor Ilmu Manajemen UNIB bersifat mandiri pertama di Sumatera yang sudah mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang berubah menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi/Kemenristekdikti, red).

Dengan telah dibukanya Program Doktor ini, maka para dosen dan masyarakat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S3, tidak perlu keluar daerah lagi. Di tempat kita sudah ada,” ujar Prof. Lizar Alfansi dikutif kembali.

Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib, Prof. Dr. Kamaludin dalam eksposenya menjelaskan, Program Doktor ini adalah program mandiri yang sudah mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan SK Dirjen Dikti Nomor : 496/E/O/2013. Dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib terdiri dari tiga konsentrasi ilmu, yaitu Financial Management, Marketing Management, dan Human Resouce Management.

Doktor Ilmu Ekonomi

Selain telah memiliki Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB juga telah membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi By Research. Program ini diresmikan (launching) 21 Mei 2015 lalu. Peresmian dilakukan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc.

Program Doktor Unib

“Kini kita memiliki dua program Doktor, yaitu Program Doktor Ilmu Manajemen yang diresmikan tahun 2013 lalu dan Program Doktor Ilmu Ekonomi By Research yang mulai beroperasi hari ini dan seterusnya. Semoga hal ini menguatkan komitmen dan eksistensi kita terhadap  pemenuhan dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,” ujar Rektor saat acara peresmian.

Koodinator Pengelola Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc memaparkan, Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB UNIB didirikan berdasarkan SK KEMENDIKBUD-RI Nomor 461/E/O/2014. Pendirian program ini dimaksudkan untuk mendorong pengembangan keilman menuju pada peningkatan kecerdasan, kesejahteraan dan kemandirian bangsa (nation competitiveness).

Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB merupakan program doktor By Research yang dalam penyelenggaraan pendidikannya mengutamakan kegiatan penelitian disertasi. Namun untuk menunjang kelancaran penulisan disertasi, mahasiswa wajib mengambil mata kuliah yang telah ditentukan yang dilaksanakan pada semester satu.

Visi Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB adalah “Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang terkemuka di Sumatera dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penyelesaian masalah ekonomi pada tahun 2025.” Demikian diungkapkan Dr. Retno Agustina saat acara launching.[Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates