.
Breaking News
Home » Berita Utama » Pelepasan Dosen dan Mahasiswa Program Pertukaran Luar Negeri
Pelepasan Dosen dan Mahasiswa Program Pertukaran Luar Negeri

Pelepasan Dosen dan Mahasiswa Program Pertukaran Luar Negeri

UNIT Pelayanan Teknis (UPT) Kerjasama dan Layanan Internasional atau Office of Cooperation and International Affairs Universitas Bengkulu tahun 2016 ini kembali menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa dan dosen ke luar negeri (student and staff axchange).

IMG_9356

Jumlah mahasiswa yang tersaring dan dinyatakan lulus untuk mengikuti program ini sebanyak 16 orang berasal dari berbagai fakultas. Mereka akan melaksanakan program pertukaran budaya, Kuliah Kerja Nyata (KKN), kursus, dan penelitian bahan skripsi di universitas yang di tuju dengan durasi 1 hingga 6 bulan. Sedangkan dosen berjumlah dua orang, yang diminta mengajar dan melakukan penelitian di universitas yang dituju.

Acara pelepasan dosen dan mahasiswa program student exchange tahun 2016 itu berlangsung di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB, Senin (27/6/2016). Pelepasan secara simbolis dilakukan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama dengan cara menyerahkan surat tugas kepada masing-masing mahasiswa dan dosen.

IMG_9386

Ketua UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNIB, Heri Dwi Putranto, S.Pt, M.Sc, Ph.D menjelaskan, universitas yang dituju untuk program student and staff exhcange tahun ini, yaitu UBB Kamboja, RMUTSV Thailand, Walailak University Thailand, dan Gifu University Jepang.

“Para mahasiswa akan mengikuti program Internship, KKN, Skripsi, Course dan penelitian skripsi di universitas yang dituju dengan durasi ada yang satu bulan, dua bulan dan enam bulan. Keberangkatan, ada yang akhir Juni ini dan ada yang akhir Agustus nanti,” ujar Heri.

Heri berharap program student dan staff exchange ke luar negeri tahun ini berjalan sukses, sehingga tahun-tahun berikutnya dapat ditingkatkan baik dari segi jumlah peserta maupun jumlah universitas di luar negeri yang dituju.

IMG_9382

Selain memberangkatkan mahasiswa tambah Heri, tahun ini UNIB juga menerima mahasiswa dari luar negeri untuk melakukan kegiatan belajar maupun penelitian bersama di Universitas Bengkulu.

“Kita kedatangan enam orang, yaitu lima orang dari Rajamangala University of Technology Srivijaya (RMUTSV) Thailand dan UBB Kamboja. Saat ini mereka sedang melakukan proses student eaxchange di UNIB,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc melalui Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Widodo, sangat mengapresiasi program ini dan berharap para mahasiswa dan dosen program pertukaran ke luar negeri ini dapat menjaga nama baik diri sendiri dan nama baik institusi.

“Ini merupakan kesempatan bagi adik-adik mahasiswa untuk menambah dan memperluas pengetahuan, pengalaman serta pergaulan internasional. Manfaatkan momentum ini sebaik-baiknya dan jaga nama baik diri sendiri maupun nama baik institusi,” ujar Prof. Widodo.

IMG_9361

Informasi dihimpun Tim Humas UNIB, sesuai dengan Keputusan Rektor UNIB No. 1106/UN30/HK/2016 tanggal 12 Mei 2016, mahasiswa peserta program pertukaran ke luar negeri, sebagai berikut : 1. Anggi Oktaviani dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program Internship ke RMUTSV Thailand selama 6 bulan; 2. Yurieke Nadiya Rahmat dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program Internship ke RMUTSV Thailand selama 6 bulan; 3. Vunnice Isgayadilla dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program Internship ke RMUTSV Thailand selama 6 bulan.

Berikutnya; 4. Meisa Nazthasia dari Prodi Kedokteran Fakultas FKIK UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan; 5. Kurnia Syahputri dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan; 6. Yudiarti Pebri Nita dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan;  dan 7. Dwi Ratna Oktari dari Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan;

Kemudian 8. Angga Sanjaya dari Prodi Kimia Fakultas MIPA UNIB yang akan melakukan program Penelitian Skripsi ke Gifu University, Jepang, selama 2 bulan; 9. Putri Cempaka Sari dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program Internship ke RMUTSV Thailand selama 2 bulan; dan 10. Juwita dari Prodi Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian UNIB yang akan melakukan program Course ke RMUTSV, Thailand selama 6 bulan;

Berikutnya; 11. Irfan Efendi dari Prodi Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran/FKIK UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan; 12. Diana Rahayu Putri dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan; 13. Sri Rahayu Putri dari Prodi Bahasa Inggris FKIP UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan;

14. Triya Yuliana dari Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNIB yang akan melakukan program KKN ke UBB Kamboja selama 1 bulan; 15. Muh. Hasyim Ibroham dari Prodi Kimia Fakultas MIPA UNIB yang akan melakukan program Research ke Gifu University, Jepang, selama 2 bulan; dan 16. Raufelina Febriama dari Prodi Kimia Fakultas MIPA UNIB yang akan melakukan program Research ke Gifu University, Jepang, selama 2 bulan.

IMG_9366

Sedangkan dua orang dosen yang mengikuti program pertukaran staf tahun 2016 ini adalah Meiliani, Ph.D dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB yang akan melakukan kegiatan mengajar ke UBB Kamboja, dan Dr. Ir. Endang Sulistyowati, M.Sc dari Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNIB yang akan melakukan kegiatan mengajar ke UBB Kamboja.[Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates