.
Breaking News
Home » Berita Umum » Mubes ke-5 Sukses, H. M. Saleh Ketua IKAL UNIB Periode 2016-2021
Mubes ke-5 Sukses, H. M. Saleh Ketua IKAL UNIB Periode 2016-2021

Mubes ke-5 Sukses, H. M. Saleh Ketua IKAL UNIB Periode 2016-2021

IKATAN Alumni (IKAL) Universitas Bengkulu sukses menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-5 di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Sabtu (21/5/2016). Pada acara suksesi kepengurusan lima tahunan ini, Anggota DPD RI asal pemilihan Bengkulu, H. Muhammad Saleh, SE terpilih sebagai ketua periode 2016-2021.

P_20160521_100215

Kegiatan yang dihadiri ratusan alumi dari berbagai angkatan ini, dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc yang ditandai dengan pemukulan dol (alat musik tradisional Bengkulu) secara bersama oleh rektor, pada dekan, pengurus IKAL UNIB dan ketua panitia.

P_20160521_110827

Rektor menyambut baik kegiatan ini. Selain sebagai wadah silahturahmi antar alumni dan antar alumni dengan pimpinan, dosen serta karyawan UNIB, juga bertujuan untuk mengkonsolidasi serta memperkuat solidaritas alumni dalam rangka ikut bersama-sama memajukan almamater dan mendorong terwujudnya visi dan misi institusi UNIB.

“Kami menyambut baik dan berterimakasih kepada para alumni yang ikut serta secara aktif, memberikan sumbangsih saran, pikiran dan gagasan  bagi kemajuan UNIB ke depan,” ujarnya.

Dijelaskan Rektor, sesuai dengan statuta UNIB, organisasi bagi para alumni hanya Ikatan Alumni (IKAL) UNIB. Kalaupun ada alumni atau pihak yang mendirikan organisasi lain selain IKAL UNIB, hal itu harus dicermati sebagai suatu dinamika demokrasi.

Rektor

“Saya dengar ada organisasi lain bagi alumni selain IKAL UNIB. Kita harus positif thingking, sebab jumlah alumni UNIB sudah cukup banyak sekitar 44 ribu alumni dan kita yakin semuanya ingin memberikan yang terbaik untuk ikut memajukan almamaternya. Namun kalau mengacu pada statuta, hanya ada IKAL UNIB,” papar Rektor.

Mayudin Sobri selaku Ketua IKAL UNIB periode sebelumnya, menjelaskan, berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, anggota IKAL UNIB adalah seluruh alumni UNIB. Sejarahnya, seiring berdirinya UNIB tahun 1982, para mahasiswa dan lulusan yang saat itu dimulai pada wisuda pertama tahun 1986 mulai berfikir untuk membentuk organisasi bagi para alumni. Atas dasar itu, didirikanlah IKAL UNIB pada tahun 1988.

Mahyudin

“Jika mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, seluruh alumni UNIB adalah anggota IKAL UNIB. Termasuk yang wisuda periode ke-78 tanggal 21 April 2016 lalu juga sudah merupakan anggota IKAL UNIB. Saat ini jumlah keseluruhan lulusan UNIB mencapai 44.151 orang,” papar pengusaha sukses di Kota Bengkulu itu.

Mahyudin Sobri yang juga mantan anggota DPD RI, sangat berharap melalui Mubes ke-5 ini, seluruh anggota dan pengurus IKAL UNIB semakin solid dan mau saling bahu-membahu membesarkan organisasi dalam rangka memajukan almamater.

Dia juga berharap ketua dan pengurus IKAL UNIB baru yang terpilih dan ditetapkan melalui Mubes ke-5 ini dapat meningkatkan eksistensi organisasi serta turut berperan aktif memajukan kampus UNIB terutama di sektor bisnis dan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

Ruslan

Ketua Panitia Mubes ke-5 IKAL UNIB, H. Ruslan Wijaya dalam sambutannya menjelaskan, para alumni yang hadir pada kegiatan ini bukan saja yang berdomisili di Bengkulu, tapi banyak juga alumni yang beromisili di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Direncanakan acara ini dibuka oleh Gubernur Bengkulu H. Ridwan Mukti, namun karena ada agenda penting lainnya, gubernur berhalangan hadir dan pembukaan secara simbolis dilakukan oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi.

Saleh2

Selain memilih ketua IKAL UNIB periode 2016-2021, pada Mubes ini juga dilaunching pendirian PT. Bakti Alumni UNIB. Persero terbuka ini nanti akan membentuk sejumlah unit usaha ekonomi produktif yang hasilnya untuk pengembangan organisasi, membantu mahasiswa kurang mampu dan menambah pendapatan bagi institusi UNIB.

Setelah dilakukan musyawarah, forum sepakat memilih dan menetapkan H. Muhammad Saleh sebagai Ketua Umum IKAL UNIB periode 2016-2021. Dia merupakan seorang pengusaha sukses yang saat ini masih mejabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).[Penulis : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates