.
Breaking News
Home » Berita Utama » UNIB Tuan Rumah Jambore KOPMA Nasional
UNIB Tuan Rumah Jambore KOPMA Nasional

UNIB Tuan Rumah Jambore KOPMA Nasional

KAMPUS Hijau Universitas Bengkulu, 1 Oktober 2015 kembali menggelar event berskala nasional yaitu Jambore Koperasi Mahasiswa (Kopma) se Nusantara. Kegiatan yang dipusatkan di Sport Center – Pantai Panjang dan Kampus Utama UNIB ini diikuti 24 Koperasi Mahasiswa dari berbagai universitas se Indonesia.

_MG_1627

“Jumlah Kopma yang hadir dan mengkonfirmasi akan hadir namun masih dalam perjalanan sebanyak 24 tim dari 24 universitas se Indonesia. Kepada teman-teman Kopma kami ucapkan selamat datang di Bumi Rafflesia dan Kampus Hijau Universitas Bengkulu,” ujar Ketua Panitia Jambore Kopma Nasional 2015, Yudiarti Pebri Nita, pada acara ramah tamah di arena Sport center, Rabu malam (30/9).

_MG_1631

Dijelaskan, Jambore Kopma Nasional tahun 2015 ini mengangkat tema “Eksplorasi Bahari Bumi Rafflesia Bersama Kopma se-Nusantara melalui Event Jambore.” Dari 24 tim yang hadir, antara lain dari UIN Jakarta, UIN Jogja, UNPAD, UMY, IAIN Purwokerto, UNES, UNY, UAD, UGM, UNS, UNAND, IAIN Imam Bonjol, UNP, UNSOED, IAIN Surakarta, UNILA, UNSRI, UNRI, UPI Bandung, UIN Riau, IAIN Raden Fatah Palembang dan IAIN Palu.

Kegiatan jambore berlangsung hingga 4 Oktober 2015 dan dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc. Pada acara pembukaan yang dihelat di ruang utama gedung rektorat UNIB, Kamis pagi 1 Oktober 2015, turut hadir Asisten Deputi Pengembangan SDM Urusan Advokasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir. Taty Arianti dan Pengusaha Nasional M. Soleh, SE yang sekarang menjabat sebagai Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Bengkulu.

_MG_1683

Acara pembukaan berlangsung meriah dan para tamu undangan disambut dengan tarian sekapur sirih yang ditampilkan UKM Tari UNIB. Usai acara pembukaan yang ditandai pemukulan dol oleh Rektor, acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional Young Entrepreneur dengan tema “Sinergisitas Koperasi dengan Kewirausahaan dalam Mencapai Ekonomi Kreatif yang Kompetitif.”

Pada seminar nasional itu, para peserta Jambore Kopma se Nusantara disajikan materi-materi bermutu oleh para pemateri yang ahli di bidangnya. Materi seminar yaitu “Kebijakan dalam Pengembangan Koperasi Mahasiswa” yang disampaikan Ir. Taty Arianti (Kementerian Koperasi dan UKM), “Pengembangan Wirausaha Muda di Bengkulu” disampaikan M. Soleh (DPD RI) dan materi “Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Koperasi” yang disampaikan oleh akademisi UNIB Dr. Mochamad Ridwan yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta jambore yang penuh semangat mengikuti event nasional ini.

Selain menjelaskan selayang pandang tentang UNIB dan Provinsi Bengkulu, dalam sambutannya rektor juga berharap kepada seluruh peserta jambore untuk senantiasa menggelorakan semangat dan menyemarakan dunia perkoperasian di Indonesia.

Kata Rektor, para mahasiswa khususnya para pengurus dan anggota Kopma merupakan harapan Bangsa dan akan menjadi pahlawan Bangsa di masa mendatang. Sebab, negara Indonesia akan kuat ekonominya bila dunia wirausaha tumbuh dengan pesat.

“Ekonomi Indonesia akan kuat bila 25% dari penduduk melakukan kewirausahaan. Dengan demikian, adik-adik mahasiswa ini merupakan harapan bangsa yang akan menjadi pahlawan di masa mendatang,” papar Rektor.

_MG_1710

Informasi dihimpun Tim Humas UNIB, selain seminar dan diskusi tentang dunia perkoperasian, pada jambore ini para peserta akan mengikuti sejumlah agenda perlombaan yang telah dipersiapan oleh panitia. Agenda perlombaan dimaksud antara lain Lomba Kreasi Seafood Bengkulu, dan Presentasi “Kopma Ku 15 Tahun yang Akan Datang.” Kemudian panitia juga mempersiapkan lomba “Bujang Gadis Kompa Nasional” dan Lomba Cipta Sampah Laut Bengkulu. Serta untuk mempererat tali silahturahmi dan rasa kekeluargaan, panitia juga telah mengagendakan kegiatan outbond dan fieltrip. [humas1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates