.
Breaking News
Home » Berita Utama » UNIB TUAN RUMAH SIDANG PLENO AFEBI KE-9
UNIB TUAN RUMAH SIDANG PLENO AFEBI KE-9

UNIB TUAN RUMAH SIDANG PLENO AFEBI KE-9

DEWAN Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) Dr. Nuri Effendi (Dekan FEB UNPAD) menjelaskan AFEBI merupakan metamorfosa dari Forum Dekan Fakultas Ekonomi yang melakukan pertemuan setiap tahun dan baru tahun 2013 berubah nama menjadi AFEBI.

Kegiatan puncak AFEBI adalah Kongres, namun setiap tahun memiliki sidang andalan yang disebut Sidang Pleno yang digelar tiga kali setahun. “Sekarang kita melaksanakan Sidang Pleno ke-9 atau ketiga tahun 2015 setelah UGM dan Unsika. Sidang Pleno kali ini kita percayakan kepada FEB UNIB sebagai tuan rumah,” ujarnya.

_MG_0923

Kata Dr. Nuri, berbagai rangkaian kegiatan berjalan sangat bagus dan pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FEB UNIB. “Saya dan ratusan ekonom dari berbagai universitas se Indonesia disambut dan dilayani dengan baik,” ujarnya.

Ratusan ekonom yang merupakan para Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Ekonomi dari berbagai universitas ternama di Indonesia itu mulai berdatangan di Kota Bengkulu hari Rabu 2 September. Pada malam harinya rombongan langsung diajak makan malam bersama Gubernur Bengkulu di gedung daerah. “Kami sangat senang dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyambut kami dengan baik,” ujar Dr. Nuri.

_MG_0910

Dijelaskan Dr. Nuri, pada hari Kamis 3 September, ratusan ekonom nasional melakukan Sidang Pleno sehari penuh di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB. Setelah seharian melakukan aktivitas persidangan, rombongan diajak makan malam bersama dengan suasana penuh keakraban dan kebersamaan.

“Jujur saja, kami sangat terkesan dengan panitia tuan rumah yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan dengan baik dan sukses. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada FEB UNIB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik sekali,” ujar Dr. Nuri di sela-sela acara makan malam bersama.

Membahas Ekonomi Global dan Lokal

Pada sidang pleno AFEBI ke-9 yang dipusatkan di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, ratusan ahli ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (Unibraw) dan lainnya, melakukan pembahasan tentang berbagai hal tentang perkembangan kondisi perekonomian global dan lokal.

Kemudian para peserta AFEBI juga merumuskan sejumlah kebijakan yang akan direkomendasikan kepada pemerintah dalam menghadapi perkembangan perekonomian nasional yang saat ini semakin merosot.

Dan tidak hanya itu, melalui Sidang Pleno AFEBI ke-9, para ekonom juga melakukan penguatan kerjasama antar institusi Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta menjalin kerjasama berkelanjutan dengan mitra BUMN seperti PT. Telkom.

_MG_0926

Sesuai dengan rundown acara, pada sesi pertama sidang pleno, pembahasan tentang kondisi perekonomian Indonesia dipresentasikan oleh Kepala Group Riset Ekonomi Departeme Kebijakan dan Ekonomi Moneter Bank Indonesia, Dr. Yoga Affandi. Materi presentasi yang dijabarkannya berjudul “Economics Development of Indonesia : Challenges & Opportunities.”

Berikutnya pembahasan tentang Peningkatan Kerjasama AFEBI dan BUMN yang dipaparkan oleh Ir. Muhammad Awaluddin, MBA selaku Direktur Enterprise and Business Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman antara AFEBI dengan PT. Telkom. Terakhir, sebagai pemuncak sesi pertama penjabaran tentang Solusi Peningkatan Jangkauan Kualitaas Pendidikan di Indonesia yang dipaparkan oleh Guru Besar FEB UI Prof. Dr. Iwan Jaya Azis yang juga menjadi Guru Besar di Cornell University, AS.

UNIB Mulai Sejajar dengan Universitas Ternama

Dekan FEB UNIB Prof. Dr. Lizar Alfansi, MBA, Ph.D dalam sambutannya mengaku sangat senang dan bangga serta berterimakasih kepada seluruh jajaran AFEBI yang telah memberikan kepercayaan kepada FEB UNIB sebagai tuan rumah penyelenggara sidang pleno ke-9 ini.

_MG_0902

“Diharapkan dengan kegiatan AFEBI ini semakin memajukan kiprah FEB UNIB dalam memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi kemajuan dunia pendidikan dan dunia perekonomian nasional maupun daerah,” ujarnya.

Senada disampaikan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc. Dengan dipercayanya UNIB sebagai tuan rumah kegiatan AFEBI ini, diharapkan mampu mendorong pemantapan institusi UNIB yang mulai mensejajarkan diri dengan universitas ternama di seluruh Indonesia.

_MG_0905

Dilihat dari usianya, UNIB memang masih tergolong muda yaitu beru berumur 33 tahun. Namun kiprah UNIB mulai sejajar dengan perguruan tinggi hebat se Indonesia. Bahkan berdasarkan rilis yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi baru-baru ini, ditinjau dari rasio kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), UNIB telah menempati rangking 10 besar se Indonesia dan nomor satu di Sumatera.

“Selain menjadi forum silahturahmi, saling memperkuat kerjasama dan menjadi wadah pengkayaan ilmu bagi kita semua, diharapkan sidang pleno AFEBI ini menjadi momentum bagi UNIB untuk berkontribusi secara nyata dan luas terhadap kemajuan Bangsa sekaligus menjadai bukti nyata bahwa UNIB kian sejajar dengan universitas terkemuka lainnya,” ujarnya. [humas1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates