.
Home » Berita Utama » Idul Adha 1436 H, UNIB Kurban 7 Sapi
Idul Adha 1436 H, UNIB Kurban 7 Sapi

Idul Adha 1436 H, UNIB Kurban 7 Sapi

PADA perayaan hari raya Idul Adha 1436 H tahun 2015 ini, Universitas Bengkulu melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi. Hewan kurban ini merupakan sumbangan dari pimpinan, dosen, dan karyawan UNIB serta mitra kerja seperti dari BNI.

Prosesi pemotongan hewan kurban dilaksanakan di halaman samping gedung rektorat, dimulai pukul 09.00 WIB, dan disaksikan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, para Wakil Rektor dan pimpinan unit kerja lainnya.

IMG_0277

Kepala Bagian Barang Milik Negara (BMN), Asep Krisnadi, selaku Ketua Panitia Kurban, mengatakan, satu ekor sapi tujuh orang peserta kurban. Dengan demikian, jumlah peserta Kurban tahun ini sebanyak 49 orang yang merupakan unsur pimpinan, dosen dan karyawan serta mitra kerja UNIB seperti dari BNI,” ujarnya.

Dijelaskan Asep Krisnadi, berdasarkan estimasi panitia, satu ekor sapi rata-rata menghasilkan 55 Kg daging bersih. Dengan demikan, jumlah daging bersih yang dihasilkan pada kegiatan pemotongan hewan kurban tahun ini sebanyak 385 Kg daging bersih.

Dari total daging yang dihasilkan, sebanyak 122,5 Kg daging bersih akan diserahkan kepada 49 Pengurban dan sekitar 262 Kg daging bersih akan dibagikan kepada masyarakat mulai dari panitia, pegawai honorer, penjaga malam, cleaning service dan ratusan masyarakat di Kelurahan Kandang Limun, Kelurahan Beringin Raya, Kelurahan Rawa Makmur, serta masyarakat Talang Kering.

“Jumlah daging yang dibagikan kepada masyarakat sekitar 262,5 Kg, dibagi ke dalam 533 kantong yang berisi 0,5 Kg daging bersih. Masyarakat penerima mulai dari cleaning service, para penjaga malam dan masyarakat kurang mampu yang berdomisili di sekitar kampus utama UNIB,” demikian Asep.

IMG_0295

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para Pengurban dan berharap kegiatan ini dapat ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Rektor juga berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan tali silahturahmi antara keluarga besar UNIB dengan masyarakat sekitar yang berdomisili di dekat kampus UNIB.

IMG_0318

“Kegiatan ini kita maknai sebagai ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus sebagai ajang silahturahmi antar sesama keluarga besar UNIB dan antar UNIB dengan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pantauan Tim Humas UNIB, prosesi pemotongan hewan kurban yang diiringi gema takbir disambut antusias oleh puluhan dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat dari luar kampus.

IMG_0333

Pemotongan hewan kurban pertama dilakukan langsung oleh Rektor, disusul para Wakil Rektor, Imam Mesjid dan Perwakilan BNI yang didaulat ikut melakukan pemotongan. Hewan kurban kemudian dibersihkan secara bersama-sama, dicencang, serta ditimbang dan kemudian langsung dibagikan kepada masyarakat sesuai dengan kupon daging yang telah dibagikan oleh panitia.[humas1]

IMG_0347IMG_0351

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates