.
Breaking News
Home » Berita Utama » UNIVERSITAS BENGKULU : BEKERJA, BERKARYA DAN BERKINERJA
UNIVERSITAS BENGKULU : BEKERJA, BERKARYA DAN BERKINERJA

UNIVERSITAS BENGKULU : BEKERJA, BERKARYA DAN BERKINERJA

PADA upacara Wisuda Periode ke-76 yang dihelat di Gedung Serba Guna (GSG), hari Rabu dan Kamis tanggal 26-27 Agustus 2015, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc menyampaikan pidato berjudul “Universitas Bengkulu : Bekerja, Berkarya dan Berkinerja.”

Rektor menjelaskan, bertepatan dengan peringatan HUT RI pada tanggal 17 Agustus 2015 lalu, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengumumkan universitas terbaik berdasarkan 4 kriteria : Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Manajemen, Kualitas Penelitian dan Publikasi dan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan.

_MG_9928

Dari 4 kriteria itu, Universitas Bengkulu meraih prestasi membanggakan, yaitu dinobatkan dan tercatat sebagai 10 besar terbaik dalam kualitas Sumber Daya Manusia. UNIB menempati urutan 10 terbaik se Indonesia, setelah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang. Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Makassar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Airlangga (Unair).

“UNIB menjadi satu-satunya universitas dari Sumatera yang masuk rangking 10 besar dalam kualitas SDM. Ini pencapaian yang sangat baik, karena dengan usia yang baru 33 tahun UNIB sudah mampu sejajar dengan universitas besar di Indonesia,” ujar Rektor seraya menjelaskan bahwa prestasi ini merupakan pencapaian yang sudah dirintis oleh rektor-rektor UNIB terdahulu sampai saat ini.

_MG_9896

Kata Rektor, prestasi yang sudah dicapai ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Upaya peningkatan kualitas SDM UNIB terus dilakukan. Seperti apa upaya riilnya ? Meningkatkan kualitas dosen dengan memperbanyak jumlah dosen belajar dan meningkatkan jumlah guru besar. Saat ini ada 91 orang dosen UNIB yang sedang studi Doktoral di dalam dan luar negeri. Kemudian tahun ini Profesor di UNIB bertambah dua orang, sehingga secara total UNIB memiliki 36 Guru Besar.

Rektor juga menekankan ke depan UNIB diharapkan tidak hanya mampu meraih prestasi di bidang kualitas SDM, tapi juga harus berprestasi dan masuk 10 besar dalam hal kualitas manajemen, kualitas penelitian dan publikasi, serta kualitas kegiatan kemahasiswaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja keras dan karya nyata dari seluruh sivitas akademika dan stakeholder UNIB.

Di akhir pidatonya, Rektor mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan berterimakasih kepada seluruh orang tua dan masyarakat umumnya yang mempercayakan anak-anaknya untuk kuliah dan menuntut ilmu di Universitas Bengkulu. Rektor juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para wisudawan berprestasi dengan predikat lulus “Dengan Pujian.”

_MG_0033

Dari 1.409 wisudawan di Wisuda UNIB periode ke-76 ini, lulusan Dengan Pujian pada Program Pascasarjana (S2) sebanyak 48 orang, Dengan Pujian Terbaik atas nama Eli Diana, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP. Dia adalah putri Bapak Emiryan dan Ibu Hapna, dengan IPK 3,96.

Kemudian lulusan Dengan Pujian pada Program Sarjana (S1) sebanyak 132 orang, Dengan Pujian Terbaik atas nama Evi Yulianingsih, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP. Dia adalah putri Bapak Sutrisno dan Ibu Listanti dengan IPK 3,88.

Sedangkan lulusan termuda UNIB pada wisuda periode ini adalah Nurul Renantiningtias, putri Bapak Suharmanto, S.IP dan Ibu Ratu Ya Rahmi, M.Pd. Nurul lahir di Arga Makmur 23 Nopember 1994, saat ini berusia 20 tahun 9 bulan 3 hari. Dia merupakan lulusan Program Studi Tekknik Informatika, Fakultas Teknik, dengan IPK 3,43. Selamat ! [humas1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates