.
Breaking News
Home » Berita Utama » Peresmian Program Doktor Ilmu Ekonomi
Peresmian Program Doktor Ilmu Ekonomi

Peresmian Program Doktor Ilmu Ekonomi

FAKULTAS Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu, Kamis (21/5/2015), melaunching (meresmikan) Program Doktor Ilmu Ekonomi By Research. Peresmian dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

_MG_5450

Acara peresmian Program S3 Ilmu Ekonomi By Research itu dihelat di aula gedung Program Magister Ekonomi Pembangunan FEB UNIB. Tampak hadir para Wakil Rektor UNIB, para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua OJK Bengkulu, perwakilan FKPD dan undangan lainnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc menyambut baik dan sangat bangga dengan telah beroperasinya Program S3 Ilmu Ekonomi By Research ini. Dengan telah diresmikannya program ini maka saat ini sudah ada dua Program Doktor di UNIB, kesemuanya di Fakultas Ekonomi.

_MG_5425

“Kini kita telah memiliki dua program Doktor, yaitu Program Doktor Ilmu Manajemen yang diresmikan tahun 2013 lalu dan Program Doktor Ilmu Ekonomi By Research yang mulai beroperasi hari ini dan seterusnya. Semoga hal ini menguatkan komitmen dan eksistensi kita terharap pemenuhan dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Rektor mengetahui bahwa perjuangan untuk mewujudkan Program Doktor Ilmu Ekonomi ini bukanlah hal gampang. Meskipun pembukaan program ini merupakan mandat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, namun untuk merealisasikan proposal sebagai tindaklanjut dari mandat tersebut butuh kerja keras dari para pengelola program.

Oleh sebab itu, Rektor mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Dekan FEB UNIB Prof. Lizar Alfansi dan para pengelola program seperti Dr. Retno Agustina Ekaputri dan kawan-kawan.

“Terimakasih kepada Bapak dan Ilmu semua yang telah merealisasikan berdirinya program S3 Ilmu Ekonomi ini. Semoga ini menjadi amal baik bagi kita semua, dan hendaklah menjadi contoh serta memotivasi bagi fakultas dan program studi lainnya,” papar Rektor seraya mengucapkan Bismillahirahmanirrohim, sebagai tanda peresmian S3 Ilmu Ekonomi.

_MG_5438

Sementara itu, Koodinator Pengelola Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc memaparkan, Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB UNIB didirikan berdasarkan SK KEMENDIKBUD-RI Nomor 461/E/O/2014. Pendirian program ini dimaksudkan untuk mendorong pengembangan keilman menuju pada peningkatan kecerdasan, kesejahteraan dan kemandirian bangsa (nation competitiveness).

Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB merupakan program doktor By Research yang dalam penyelenggaraan pendidikannya mengutamakan kegiatan penelitian disertasi. Namun untuk menunjang kelancaran penulisan disertasi, mahasiswa wajib mengambil mata kuliah yang telah ditentukan yang dilaksanakan pada semester I.

Visi Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB adalah “Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang terkemuka di Sumatera dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penyelesaian masalah ekonomi pada tahun 2025.”

Kemudian Misi program ini ada tiga, yaitu pertama, menyelenggarakan Program Pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi secara madiri dan independen melalui proses pembelajaran yang terstruktur dan budaya akademik yang positif.

Misi kedua, melaksanakan kegiatan penelitian yang bermutu di bidang Ilmu Ekonomi dan menyebarluaskannya baik di tingkat nasional maupun internasional, dan Misi ketiga, berperan serta dalam pemecahan masalah yang dihadapi pemerintah, pebisnis, dan masyarakat melalui konsultasi, pelatihan, lokakarya, dan bimbingan di bidang ekonomi.

Sedangkan Tujuan Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB ada delapan point, yaitu mengembangkan sistem pembelajaran berbasis riset dan praktik, mengembangkan kurikulum secara berkesinambungan yang berlandaskan pada perkembangan Ilmu Ekonomi, mengembangkan sistem jaminan mutu yang efektif, dan mengembangkan budaya akademik yang memberikan kesempatan bagi sivitas akademika untuk mengekspresikan dan mengapresiasikan jati diri sebagai ilmuan.

Tujuan berikutnya adalah mengembangkan road map penelitian di bidang Ilmu Ekonomi, meningkatkan penelitian yang bersifat pengembangan ilmu maupun praktik, mengkomunikasikan hasil penelitian melalui desiminasi, forum ilmiah, dan jurnal penelitian di tingkat nasional dan internasional, serta mengembangkan kegiatan konsultasi kepada stakeholder.

IMG_5452

Bagaimana metode perkuliahan yang akan diterapkan ? Menurut Dr. Retno, Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB yang merupakan program doktor by research, akan mengutamakan penelitian disertasi. Dengan kata lain, Doktor Ilmu Ekonomi lebih berorientasi pada riset dan bukan pada pemberian mata kuliah.

Namun demikian, kurikulum Program Doktor Ilmu Ekonomi secara garis besar akan diselenggarakan dalam dua cara, yaitu pertemuan kelas (class meeting) dan pertemuan bukan kelas (independent studi). Tenaga pengajar di program ini merupakan dosen yang ahli di bidangnya, seperti Prof. Lizar Alfansi, Prof. Dr. Kamaludin, Prof. Ir. Sigit Nugroho, Dr. Ridwan Nurazi, dan dosen-dosen berpengalaman lainnya.

Untuk dapat menyandang gelar Doktor seorang mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi by research harus menempuh pendidikan selama 6 semester (72 SKS) dengan rincian beban studi : mata kuliah wajib 12 SKS, proposal disertasi 5 SKS, penelitian dan penulisan disertasi 30 SKS, seminar 5 SKS dan karya ilmiah 20 SKS.

Fasilitas program ini cukup mumpuni, seperti ruang presentasi, ruang kuliah, ruang referensi, ruang VIP, ruang mushola, dan sebagainya. Untuk biaya pendidikan, rinciannya yaitu SPP sebesar Rp12.500.000 per semester, dana pengembangan program (3 semester) Rp15.000.000, Disertasi Rp.3.500.000, Matrikulasi Rp5.000.000, Perpustakaan Rp.20.000/semester, dan TIK Rp120.000/semester.

Bagi yang berminat mendaftar di Program Doktor Ilmu Ekonomi UNIB dapat menghubungi contact person Susi di nomor HP 082306815810 dan Tia di nomor HP 081274260100 – 085609395100. Sekretariat : gedung Magister Perencanaan dan Pembangunan dan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Bengkulu, Jl. WR. Supratman, Bengkulu 38371A, email : pdie@unib.ac.id, demikian Dr. Retno dan Yefriza, Ph.D memaparkan.[humas 1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates