.
Home » Berita Utama » Seminar Kemahasiswaan, Menuju Masyarakat Kampus yang Kompetitif
Seminar Kemahasiswaan, Menuju Masyarakat Kampus yang Kompetitif

Seminar Kemahasiswaan, Menuju Masyarakat Kampus yang Kompetitif

RIBUAN mahasiswa yang merupakan perwakilan dari seluruh Ormawa selingkung Universitas Bengkulu, Sabtu (6/12/2014), di Gedung Serba Guna Unib, mengikuti seminar kemahasiswaan dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa Cerdas dan Kreatif Menuju Masyarakat Kampus yang Kompetitif.”

Pada kegiatan itu, para mahasiswa diberi pencerahan, pengetahuan, motivasi dan pengembangan diri oleh Tim Pakar Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), Prof. Dr. Abdul Basith.

Ketua Panitia Pelaksa yang juga Ketua UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Unib, Bustanuddin Lubis MA mengatakan, seminar yang diikuti 1700-an mahasiswa ini merupakan puncak kegiatan program pengembangan kompetensi mahasiswa tahun 2014.

Selain seminar, di halaman parkir gedung serba guna juga dilaksanakan Pasar Kewirausahaan yang memamerkan berbagai produk barang kebutuhan dan layanan jasa yang dihasilkan dari kegiatan kewirausahaan mahasiswa.

“Dengan seminar dan pameran Pasar Kewirausahaan ini, para mahasiswa Unib diharapkan lebih termotivasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan, sehingga para lulusan Unib nantinya tidak hanya memiliki kecerdasan di bidang ilmu pengetahuan, tapi juga memiliki keterampilan yang bisa diimplementasikan dalam membangun kemandirian,” ujarnya.

Seminar kemahasiswaan dan Pasar Kewirausahaan Mahasiswa Unib tahun 2014 itu dibuka secara resmi oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, disaksikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mochamad Ridwan dan para wakil dekan bidang kemahasiswaan dari berbagai fakultas.

Rektor menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada Tim Pakar Dikti, Prof. Abdul Basith yang telah menyampatkan diri untuk berbagi pengetahuan serta memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa dan sivitas akademika Unib.

Kepada para mahasiswa rektor berpesan agar senantiasa mengembangkan karakter serta kepribadian yang mulia, belajar terus-menerus dan mengasah keterampilan, sehingga mampu menghadapi tantangan dan persaingan di era globalisasi seperti sekarang ini.

“Tiga hal yang harus dilakukan untuk sukses, yaitu belajar terus-menerus, mengasah keterampilan dan kecerdasan, serta memiliki kepribadian mulia. Ketiga hal ini harus benar-benar dilaksanakan sehingga ketika tamat kuliah nanti, Anda tidak gagap menghadapi persaingan,” papar Dr. Ridwan Nurazi.

Seminar ini disambut antusias oleh para mahasiswa, buktinya, ketika dibuka sesi dialog, banyak sekali mahasiswa yang bertanya dan meminta kiat-kiat sukses kepada Prof. Abdul Basith. Namun karena waktu sangat terbatas, membuat Prof. Abdul Basith tidak bisa menjawab satu-persatu secara gamblang.

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme mahasiswa terhadap seminar ini. Secara umum saya ingin menekankan bahwa tingkatkan terus kreativitas Anda, sebab kemampuan keterampilan, kecerdasan dan kreativitas Anda sangat menentukan nasib Anda ke depan. Penguasaan ilmu pengetahuan penting, namun tanpa karakter dan keterampilan yang mumpuni belum tentu Anda menjadi orang sukses,” ujarnya.

Pasar Kewirausahaan

Usai seminar kemahasiswaan, Prof. Abdul Basith, Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, para wakil rektor dan pejabat Unib lainnya, menyempatkan diri mengunjungi satu-persatu stand pameran Pasar Kewirausahaan yang berjejer di halaman parkir gedung serba guna.

Stand pameran itu menyajikan berbagai produk hasil kreativitas dan hasil usaha para mahasiswa yang difasilitasi UPT PKM Unib melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2013 dan 2014.

Sebagaimana diketahui, UPT PKM Unib setiap tahun melaksanakan program PMW. Untuk tahun 2013 dan 2014, sudah ratusan mahasiswa baik sendiri-sendiri maupun berkelompok yang dilatih pengembangann keterampilan berwirausaha di dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus.

“Setelah dilatih kewirausahaan, para mahasiswa mengajukan proposal usaha. Proposal yang lolos seleksi diberi bantuan modal untuk mengimplementasikan usahanya. Bantuan modal itu sistemnya pinjaman bergilir dengan modal nol persen dan masa pengembalian cukup lama,” ujar Ketua UPT PKM Unib, Bustanuddin Lubis, ketika mendampingi Prof. Abdul Basith dan Rektor Unib mengunjungi stand pameran.[humas 1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates