.
Breaking News
Home » Berita Umum » Calon Wisudawan Diberi Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja
Calon Wisudawan Diberi Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Calon Wisudawan Diberi Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja

SEJUMLAH mahasiswa Unib yang segera tamat dan akan diwisuda pada akhir Desember 2014 mendatang, Kamis (4/12/2014), diberi pelatihan persiapan memasuki dunia kerja. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan harapan dapat membuka wawasan bagi para calon wisudawan agar mudah mendapat pekerjaan dan tidak menjadi pengangguran.

“Kita yakin secara akademik para calon wisudawan tidak diragukan lagi kompetensinya. Tapi tidak serta merta kemampuan intelektual dan akademik itu langsung dibutuhakn lapangan kerja. Maka, para calon wisudawan harus memiliki bekal keterampilan dan wawasan di bidang lainnya, agar mudah mendapatkan pekerjaan. Nah oleh sebab itu, sebelum diwisuda para mahasiswa kita latih dulu bagaimana persiapan memasuki dunia kerja,” ujar Ketua UPT PKM Unib, Bustanuddin Lubis, MA.

Dijelaskan Bustanuddin Lubis, para peserta pelatihan ini merupakan para calon wisudawan dari berbagai fakultas selingkung Unib. Dalam pelatihan ini, mereka menerima materi tentang kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan menggali kemampuan diri yang disampaikan Branch Manager PT Bank Sinarmas Bengkulu, Rio Agustian Wiranata, SH.

Materi berikutnya yaitu Membangun citra diri dan etika profesional yang dipaparkan Dosen Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Unib yang sekarang sedang menempuh pendidikan Doktor di IPB, Suharyanto, S.Pt, M.Si.

Kemudian materi tentang bagaimana menghadapi psikotes dan intervew yang dipaparkan Dra. Anni Suprapti, M.Psi, dan materi tentang Menulis surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang disampaikan Drs. M. Arifin, M.Pd.

Para mahasiswa calon wisudawan sangat antusias mengikuti pelatihan itu, terbukti hampir di setiap akhir sesi pemaparan narasumber mereka banyak yang bertanya tentang berbagai hal menyangkut kiat-kiat dan bagaimana supaya setelah diwisuda langsung mendapat pekerjaan dan tidak menganggur. [humas 1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates