.
Breaking News
Home » Berita Umum » UPT PKM Gelar Lomba MTQ Mahasiswa

UPT PKM Gelar Lomba MTQ Mahasiswa

UNIT Pelaksana Teknis Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM) Universitas Bengkulu, Kamis (20/11/2014), menggelar pelatihan dan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Universitas Bengkulu tahun 2014. Kegiatan yang terpusat di hall rektorat Unib itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mochamad Ridwan.

Ketua UPT PKM Unib, Bustanuddin Lubis, MA menjelaskan, pada kegiatan pelatihan dan lomba MTQ Mahasiswa tahun ini diisi dengan lima perlombaan yaitu, Tilawah, Tahfiz, Kaligrafi, Syarhil dan Cerdas Cermat Al-Quran. Pendaftaran peserta dibuka selama sebulan.

Setelah pendaftaran ditutup panitia mencatat sebanyak 24 orang perserta untuk lomba Tilawah, 11 orang peserta lomba Kaligrafi, 6 kelompok (satu kelompok 3 orang) untuk lomba Syarhil dan 6 kelompok (satu kelompok 3 orang) untuk lomba Cerdas Cermat Al-Qur’an.

“Untuk lomba Tahfiz, peserta yang mendaftar hanya 4 orang. Mengingat sedikitnya peserta maka lomba Tahfiz tidak jadi dilaksanakan tahun ini,” papar Bustanuddin Lubis, seraya menjelaskan bahwa berbagai perlombaan itu dilaksanakan di hall dan ruang rapat tiga gedung rektorat Unib.

Para peserta lomba berkompetisi dan menunjukkan kepiawaiannya di hadapan para dewan juri dari Kantor Kementerian Agama dan para pengurus Mesjid Raya Baitul Izza Kota Bengkulu. Dewan juri diketuai seorang ulama cukup ternama, yaitu Drs. H. Rusli Daud.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unib, Dr. M. Ridwan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini mampu menghasilkan mahasiswa berbakat dan berprestasi yang dapat mengharumkan nama Unib ke depan.

“Ini merupakan ajang pencarian bakat sekaligus mengasah kemampuan para mahasiswa di bidang keagamaan khususnya membaca Al-Quran. Juga sekaligus menjadi rangkaian persiapan seleksi bagi mahasiswa berprestasi yang nantinya akan dipersiapkan mewakili Unib pada ajang-ajang yang lebih tinggi seperti MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional,” ujarnya.

Di samping itu lanjut Dr. M. Ridwan, kegiatan peningkatan kompetensi keagamaan memang terus digalakkan di kampus Unib. Sebab, selain membentuk dan menciptakan generasi muda penerus bangsa yang menguasai bidang keilmuannya juga dibekali kemampuan spiritual keagamaan dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Kepada para peserta lomba Dr. Ridwan mengucapkan selamat berkompetisi dan mengimbau agar ajang ini dijadikan momentum untuk terus mengasah kemampuan dan kreatifitas sehingga ke depan mampu meraih prestasi yang gemilang.[humas 1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates