.
Breaking News
Home » Berita Utama » Mahasiswa Diberi Modal Ratusan Juta untuk Berwirausaha
Mahasiswa Diberi Modal Ratusan Juta untuk Berwirausaha

Mahasiswa Diberi Modal Ratusan Juta untuk Berwirausaha

SEBANYAK 33 orang mahasiswa Universitas Bengkulu baik secara berkelompok maupun perorangan, baru-baru ini telah menerima kucuran bantuan modal untuk berwirausaha. Total dana yang dikucurkan Rp.234.945.000 dan ditransfer langsung ke rekening mahasiwa atau kelompok mahasiswa peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2014.

Penyaluran bantuan modal wirausaha kepada para mahasiswa merupakan salah satu upaya riil institusi Universitas Bengkulu dalam rangka mendidik serta menanamkan jiwa intrepreneurship kepada para mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan para lulusan Unib tidak hanya memiliki kompetensi di bidang akademik, tapi juga memiliki bekal yang mumpuni di bidang kewirausahaan.

“Dengan bekal pengalaman kewirausahaan, diharapkan para lulusan Unib nantinya tidak hanya berorientasi kerja sebagai PNS, tapi bisa mengisi lowongan kerja di berbagai sektor, dan juga mampu membuka usaha sendiri serta menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” papar Wakil Rektor III Unib Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mochamad Ridwan.

Lanjut M. Ridwan, program penanaman jiwa intrepreneurshif pada kalangan mahasiswa Unib akan terus ditingkatkan. Selain memberikan pelatihan, seminar dan workshop, juga diberi bantuan modal bergilir untuk mengimplementasikan usahanya. “Hal ini penting, dalam rangka menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi globalisasi khususnya menghadapi pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean 2015,” paparnya.

Terpisah, Ketua UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM) Unib, Bustanuddin Lubis, MA menjelaskan, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memfasilitasi mahasiswa dalam mengasah kreativitas dan pengembangan jiwa kewirausahaan.

“Secara institusional Unib memberikan akses permodalan bagi para mahasiswa untuk berwirausaha. Ini upaya nyata dalam rangka menyiapkan generasi muda yang berkompeten di bidang intrepreneurshif,” ujarnya.

Dijelaskan Bustanuddin Lubis, untuk Program Mahasiswa Wirausaha tahun 2014 ini, pihaknya telah menyalurkan dana Rp.234.945.000 bagi mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang proposalnya lolos seleksi. Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening mahasiswa untuk pembiayaan usaha sebagaimana tercantum dalam proposal. Nominal bantuan bervariasi berkisar antara Rp.1.500.000 – Rp.25.000.000,- per mahasiswa/kelompok mahasiswa.

Jenis usaha yang akan dilaksanakan mahasiswa, antara lain usaha jasa perawatan dan perbaikan laptop profesional dan inovatif, usaha pisang ijo “Cam Koha”, usaha nugget tahu kaya rasa (Nutakara), jual beli barang elektronik second Kota Bengkulu, usaha travel wisata “Island Child” Pulau Tikus, mini market kampus Unib, dan lain sebagainya.

Dalam merealsiasikan usahanya itu, para mahasiswa atau kelompok mahasiswa akan didampingi oleh para dosen pembimbing kewirausahaan. Kemudian dalam perjalanannya hingga berakhirnya masa pelaksanaan, akan dimonitoring oleh UPT PKM Unib.

Dijelaskan Bustanuddin Lubis, bantuan modal usaha itu tidak begitu saja diberikan kepada mahasiswa atau kelompok mahasiswa, tapi ada proses yang harus dilalui. “Prosesnya diawali dengan sosialisasi program PMW, pelatihan penyusunan proposal wirausaha, pelatihan menyusun rencana strategi bisnis, dan seleksi proposal wirausaha. Bagi proposal yang disetujui harus menandatangani perjanjian kontrak, baru kemudian dana ditransfer ke rekening mahasiswa atau kelompok mahasiswa bersangkutan,” paparnya, seraya mengatakan bahwa mahasiswa yang bisa mengikuti program ini adalah mahasiswa semester satu sampai semester tujuh.

Bantuan modal usaha ini kata Bustanuddin Lubis, bukan bantuan cuma-Cuma, tapi bergilir. Artinya, setiap mahasiswa atau kelompok mahasiswa harus mengembalikan dana ini melalui rekening kas Unib. “Jangka waktu pengembalian adalah dua tahun, dan tidak dikenakan bunga. Pengembalian itu tidak diserahkan tunai ke UPT PKM tapi ditransfer ke kas Unib,” ujarnya.

Pasar Wirausaha

Untuk mempopulerkan kewirausahaan serta memotivasi para mahasiswa yang berwirausaha, pada bulan Desember nanti UPT PKM akan menggelar event besar-besaran yaitu Pasar Wirausaha di kampus Unib.

Pada event itu nanti seluruh mahasiswa atau kelompok mahasiswa wirausaha diminta untuk menampilkan, memamerkan serta memasarkan produk usahanya. Kegiatan itu akan dikemas semeriah mukin serta akan dihadiri dan disaksikan tamu-tamu dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Event ini juga sekaligus menjadi sarana bagi kita untuk melakukan monitoring terhadap usaha-usaha mahasiswa. Makanya seluruh mahasiswa peserta PMW tahun 2013 dan tahun 2014 serta mahasiswa lain yang memiliki usaha diminta untuk menjadi peserta pada Pasar Wirausaha itu nanti,” tukas Bustanuddin Lubis.[humas 1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates