.
Home » Berita Umum » Unib Sembelih Sembilan Sapi

Unib Sembelih Sembilan Sapi

SUDAH menjadi agenda rutin, setiap hari raya Idul Adha, Unib melakukan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 9 ekor sapi. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu yang hanya 7 ekor sapi.

Ke 9 ekor sapi itu berasal dari pimpinan, dosen dan karyawan Unib, serta dari mintra kerja Unib. Ketentuannya, satu sekor sapi untuk 7 orang pengurban. “Sapi-sapi ini adalah hewan kurban dari pimpinan, dosen dan karyawan serta dari mitra kerja Unib. Ke depan, kita berharap jumlah hewan kurban ini semakin bertambah,” ujar Wakil Rektor Unib Bidang Sumber Daya, Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto.

Dijelaskan, satu ekor sapi diperkirakan menghasilkan 55 Kg daging bersih. Dengan demikian, maka pada Idul Adha 1435 H ini, jumlah keseluruhan daging bersih yang dihasilkan yaitu lebih kurang 495 Kg.

Untuk memudahkan proses penyebaran atau pembagian, daging itu dimaksukkan dalam kantong dengan berat 0,5 Kg per kantong. Dengan demikian, jumlah keseluruhan kantong yang disiapkan panitia sebayak 880 kantong berisi daging bersih.

Daging hewan kurban itu sebagian dibagikan kepada para pengurban, dan selebihnya dibagikan kepada panitia penyembelihan, para pegawai honorer yang layak menerima, dan clening service. Daging kurban juga dibagikan kepada masyarakat yang bermukim tidak jauh dari kampus Unib, seperti masyarakat Kandang Limun, Beringin Raya, Rawa Makmur, Talang Kering, Sungai Hitam, Pekik Nyaring dan Pulau Beringin.

“Pembagian daging kurban secara umum dibagi dua kelompok, yaitu untuk pengurban sebanyak 225 kantong atau seberat 157,5 Kg. Kemudian untuk pantia, pegawai honorer, cleaning service dan masyarakat sebanyak 655 kantong atau seberat 303 Kg,” papar Totok Eka Suharto.

Selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan penyembelihan hewan kurban ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antar keluarga besar Unib dan antar Unib dengan masyarakat.

Penyembelihan hewan kurban pertama dilakukan langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi para Wakil Rektor serta disaksikan oleh puluhan dosen dan karyawan serta masyarakat setempat.

Proses penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban yang dilakukan di halaman samping gedung rektorat Unib, Minggu  (5/10/2014) tersebut berlangsung lancar dan diliputi rasa kekeluargaan. [hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates