.
Breaking News
Home » Berita Utama » Unib Jalin Kerjasama dengan Dua Universitas Luar Negeri

Unib Jalin Kerjasama dengan Dua Universitas Luar Negeri

DALAM rangka mewujudkan Universitas Bengkulu sebagai universitas kelas dunia, berbagai terobosan untuk meningkatkan pergaulan internasional terus dilakukan. Baru-baru ini, Unib telah menjalin kerjasama secara resmi dengan dua universitas di luar negeri yaitu  Nanjing Forestry University, Jiangsu – China dan The Banking University of Ho Chi Minh City, Vietnam.

Kesepakatan kerjasama antara Unib dengan dua universitas luar negeri tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh masing-masing pimpinan universitas.

MoU Unib dan Nanjing Forestry University ditandatangani oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi dan Dr. Pingping Li selaku Vice-President. Penandatanganan dilakukan tanggal 22 September 2014, sekaligus menjadi rangkaian acara lawatan rektor dan pimpinan Unib ke China beberapa waktu lalu.

Sedangkan MoU antara Unib dan The Banking University of Ho Chi Minh City ditandatangani oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dan Prof. Dr. Ly Hoang Anh selaku President. Juga ikut membubuhkan tandatangan Prof. Ir. Zainal Muktamar, Ph.D selaku perwakilan fakultas dan Mr. Vu Nguyen Anh sebagai Acting Director Center for International Cooperation.

Penandatanganan MoU antara Unib dan Banking University of Ho Chi Minh City dilakukan tanggal 23 Oktober 2014. Selain melakukan penandatanganan MoU itu, Rektor Unib dan rombongan melakukan lawatan ke Vietnam dalam rangka menghadiri Seminar Internasional Regional Network on Poverty Eradication (RENPER) yang dilaksanakan di The Banking University of Ho Chi Minh City.

Dalam MoU antara Unib dan dua university luar negeri itu, masing-masing pihak sepakat melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian dan publikasi hasil penelitian bersama, kerjasama di bidang pertemuan akademik seperti seminar, kerjasama pertukaran bahan ajar, kerjasama program kelas khusus singkat, dan kegiatan akademik lainnya.

Unib Diminta Mengelola Jurnal Internasional

Di organisasi RENPER, selama ini Unib memiliki peran peting dan strategis, sebab Unib merupakan salah satu penggagas pendirian organisasi ini dan tercatat sebagai universitas yang pernah sukses menyelenggarakan Seminar Internasional yang diikuti puluhan universitas dari berbagai negara.

Pada pertemuan dan seminar internasional RENPER tahun 2014 di Banking University of Ho Chi Minh City akhir September lalu Unib kembali mendapat kepercayaan, yaitu diminta untuk mengelola International Jurnal of Renper.

“RENPER tahun 2014 di Ho Chi Minh City berlangsung sukses. Telah dilakukan penyegaran terhadap pengelola Renper. Kemudian disepakati Renper akan menerbitkan International Jurnal, dan melanjutkan Seminar Internasional ke-6 di India. Untuk mengelola Jurnal Internasional diminta dan dipercayakan kepada Universitas Bengkulu,” papar Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates