.
Home » Berita Utama » Tiga Mahasiswa Unib Lolos OSN Pertamina Tingkat Pusat

Tiga Mahasiswa Unib Lolos OSN Pertamina Tingkat Pusat

SETELAH sukses sebagai penyelenggara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina Tingkat Provinsi Bengkulu yang diikuti 1560 peserta, Kamis pagi (25/9/2014) lalu, kini Unib tengah berupaya untuk meraih prestasi hingga tingkat nasional yang akan digelar tanggal 22-28 Oktober di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Universitas Bengkulu tahun ini berhak mengirim tiga orang peserta untuk OSN Pertamina Tingkat Nasional. Mereka merupakan satu orang juara I tingkat provinsi, dan dua orang juara I tingkat regiononal 2 Sumatera.

Mahasiswa yang dinobatkan sebagai juara I tingkat provinsi dan berhak melaju ke tingkat nasional adalah bidang Kimia atas nama Dini Amalia Kanurip. Dia sekarang duduk di semester 3 Fakultas MIPA Unib.

Sementara dua orang yang menjadi juara I tingkat regional 2 Sumatera yaitu Bidang Fisika atas nama Mega Resiningtias yang merupakan mahasiswa FKIP Unib, dan Bidang Biologi atas nama Sherlo Adha Maulana yang merupakan mahasiswa FMIPA Unib.

“Tiga orang ini dinyatakan lolos ke tingkat nasional dan akan segera melakukan berbagai persiapan,” ujar Dekan FMIPA Unib, Yulian Fauzi, S.Si, M.Si, pada acara pengumuman dan pemberian hadiah uang pembinaan kepada para pemenang OSN Pertamina tingkat Provinsi, yang dihelat di aula dekanat FMIPA, Kamis (9/10/2014).

Yulian Fauzi optimis pada OSN Pertamina tingkat nasional yang akan digelar tanggal 22-28 Oktober mendatang, Unib mampu mengukir prestasi di ajang ini. “Kita optimis, minimal dari ketiga mahasiswa itu ada yang menjadi juara nasional,” ujarnya.

Pantauan Tim Humas, selain mengumumkan ketiga nama yang berhak mengikuti OSN pertamina tingkat nasional, pada acara itu juga diumumkan para pemenang OSN Pertamina tingkat Provinsi Bengkulu.

Rincian pemenang berdasarkan bidang, yaitu ; Matematika : Mobi Sartika sebagai juara 1, Wina Ayu Lestari juara II dan Sardika juara III; Bidang Fisika : Elsa Monalisa sebagai juara 1, Eva Erviana Sari juara II, dan Oriko Simamora juara III; Bidang Kimia : Dini Amalia Kanurip sebagai juara I (lolos ke nasional), Dina Maryani juara II dan Deni Lasmana juara III; Bidang Biologi : Utari sebagai juara I, Suniati juara II dan Hevia Purnama Sari juara III.

Sedangkan untuk kategori poster proyek sain, dari 10 tim peserta tingkat provinsi belum bisa menjadi juara nasional. Peserta yang dinobatkan sebagai Poster Terfavorit tingkat provinsi adalah tim yang diketuai oleh Muhammad Nico Permana.

“Partisipasi kita untuk proyek sains dan poster cukup bagus dan mendapat apresiasi dari panitia OSN Pertamina pusat. Namun sayang, dari 10 tim yang berkompetisi belum ada yang menjadi juara nasional,” tukas Yulian Fauzi.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates