.
Breaking News
Home » Berita Utama » LPTIK Sosialisasi Topuksi Pengguna SIAKAD dan Me-launching Cafenet

LPTIK Sosialisasi Topuksi Pengguna SIAKAD dan Me-launching Cafenet

LEMBAGA Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Bengkulu, Kamis (11/9), menggelar sosialisasi Tugas Pokok dan Fungsi Pengguna Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD) menggunakan portal akademik. Pada hari yang sama, juga dilakukan peresmian cafenet yang berada di sudut kiri gedung LPTIK.

Ketua LPTIK Unib, Drs. Azhar Johar, M.Si mengatakan, kegiatan sosialisasi Topuksi Pengguna SIAKAD ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa.

Kemudian dengan sosialisasi ini, para pengguna SIAKAD tidak lagi kebingungan dan dapat memahami seutuhnya apa tugas dan tanggungjawabnya. Dengan demikian, tidak lagi terjadi saling lempar tanggungjawab antar unit kerja dalam pengurusan administri akademik mahasiswa.

Para peserta sosialisasi ini merupakan para pengguna SIAKAD selingkung Unib, yaitu mulai dari dosen, dosen PA, Wakil Dekan I, Kasubbag Akademik Fakultas, Operator Fakultas, Ketua Jurusan/Prodi dan Staf Manajemen Registerasi Mahasiswa.

Selain mendapat pengarahan dari Ketua LPTIK, para peserta juga mendapatkan penjelasan yang dipaparkan oleh Admin SIAKAD dan Koordinator Layanan SIAKAD LPTIK.

Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini. Dengan sosialisasi ini kata Rektor, diharapkan para pengguna SIAKAD dapat memahami tugas dan fungsinya sehingga pada akhirnya sistem yang sudah dibentuk dapat berjalan optimal.

Lanjut Rektor, ke depan kita menaruh harapan besar terhadap penguasaan dan pengembangan Teknologi Informasi, sebab di era modern seperti sekarang ini ketergantungan terhadap TI sangat tinggi.

Dalam menggunakan SIAKAD tambah Rektor, yang perlu menjadi perhatian serius adalah terkait dengan sistem keamanan dan kerahasiaan data, khususnya menyangkut pemberian dan memasukkan nilai mata kuliah mahasiswa.

Belakangan ada oknum terindikasi merubah nilai mahasiswa, jumlahnya tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai belasan mata kuliah. “Ini merupakan kejahatan, tindakan konyol dan ke depan tidak boleh terulang lagi. Oleh sebab itu, dalam penggunaan SIAKAD, keamanan sangat penting,” tegas Dr. Ridwan Nurazi.

Launching Cafenet

Kebutuhan teknologi dan informasi di kalangan mahasiswa dan dosen serta karyawan Unib semakin tinggi. Maka untuk memberikan fasilitas dan pelayanan prima, LPTIK Unib terus berupaya membuat terobosan, salah satunya meyediakan cafenet di salah satu sudut gedung PTIK.

Ketua LPTIK Unib, Drs. Azhar Johar, M.Si menjelaskan, selama ini gedung LPTIK sebagai sentral pelayanan internet selalu dikunjungi banyak mahasiswa untuk mendapat layanan internet gratis ketika mencari bahan-bahan kuliah. Mereka biasanya rame-rame duduk lesehan di lantai di berbagai sudut teras gedung LPTIK.

Para mahasiswa itu tidak jarang membawa makanan ringan bahkan nasi bungkus kemudian makan di lantai gedung LPTIK ketika membutuhkan waktu lama mencari bahan-bahan kuliah. “Melihat kondisi seperti itu, kita kasihan melihat mahasiswa, dan akhirnya kita membuat cafe yang dilengkapi layanan internet,” ujarnya.

Cafenet ini kata Azhar Johar, selain dilengkapi layanan internet gratis, listrik gratis, juga menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Tempat duduk, meja dan ruangannya juga sangat refrsentatif, tertata rapi dan nyaman.

“Upaya ini selain untuk memberikan pelayanan akademik yang memadai kepada mahasiswa, juga dimaksudkan untuk meningkatkan income bagi institusi” ujarnya.

Cafenet LPTIK itu diresmikan langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi. Usai peresmian, seluruh peserta sosialisasi pengguna SIAKAD diajak makan siang bersama di cafe baru tersebut. Acara itu semakin istimewa karena dihadiri juga oleh para anggota senat universitas dan unsur pimpinan lainnya.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates