.
Home » Berita Utama » Unib Siap Sukseskan OSN Pertamina 2014

Unib Siap Sukseskan OSN Pertamina 2014

UNIVERSITAS BENGKULU merupakan salah satu perguruan tinggi mitra Universitas Indonesia yang selalu berpartisipasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina. Pada OSN Pertamina ke-7 tahun 2014 ini, Unib juga siap mensukseskannya, baik sukses dari segi pelaksanaan maupun sukses meraih prestasi.

“Berbagai persiapan sudah kami lakukan, seperti menyebar brosur dan memasang spanduk yang berisi ajakan dan himbauan kepada para mahasiswa untuk mendaftar dan mengikuti olimpiade ini baik kategori teori maupun proyek sains. Intinya, kita sudah siap menyelenggarakan dan mensukseskan OSN Pertamina 2014 di Provinsi Bengkulu,” ujar Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unib, Yulian Fauzi, S.Si, M.Si ketika mengikuti video comference dengan rektor UI dan panitia pusat OSN Pertamina, di ruang LPTIK Unib, Rabu (20/8/2014).

Dijelaskan Yulian Fauzi, berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, masa pendaftaran dan registrasi peserta secara on line dilaksanakan tanggal 23 Juli hingga 19 September 2014. Seleksi tingkat provinsi untuk kategori teori dilaksanakan serentak tanggal 25 September, dan penyisihan untuk kategori proyek sain tanggal 3-6 Oktober 2014.

Tahun ini di Provinsi Bengkulu jumlah peserta seleksi ditargetkan 800 orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang diikuti 700-an mahasiswa. Hingga hari ini, jumlah peserta yang sudah registrasi online kategori teori baru 95 orang dan untuk kategori proyek sains sudah lima tim yang mendaftar.

“Untuk teori baru 95 orang mendaftar, namun kita optimis pada awal September semakin banyak yang mendaftar dan target yang sudah ditetapkan bisa tercapai. Untuk proyek sains, secara nasional hingga kini baru Bengkulu yang terbanyak mendaftar yaitu sudah ada 5 tim. Mudah-mudahan ke depan akan lebih banyak lagi,” papar Yulian seraya bertekad bahwa pada tahun ini selain sukses sebagai panitia penyelenggara tingkat provinsi, Unib diharapkan dapat sukses meraih prestasi yang membanggakan.

OSN PERTAMINA merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/ PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Kompetisi ini telah berlangsung setiap tahun dan diselenggarakan berturut-turut sejak tahun 2008.

Peserta OSN Pertamina 2014 adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia. Peserta mahasiswa boleh berasal dari semua program studi atau jurusan yang dapat berasal dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi ataupun Politeknik.

“Tapi bagi para peserta yang sudah menjadi pemenang pada OSN Pertamina tahun-tahun sebelumnya pada tahun ini tidak boleh ikut lagi,” ujar Yulian Fauzi seraya menambahkan bahwa para pemenang akan mendapat uang pembinaan dan beasiswa dari PT. Pertamina.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates