.
Home » Berita Utama » Kuliah Umum Angkatan V Pascasarjana Pendidikan IPA
Kuliah Umum Angkatan V Pascasarjana Pendidikan IPA

Kuliah Umum Angkatan V Pascasarjana Pendidikan IPA

PROGRAM Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Senin pagi (9/9), di ruang rapat utama rektorat Unib, menggelar kuliah umum angkatan V dengan menghadirkan Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman dan Tanaman Obat (BP2PTO2T), Indah Yuning Prapti, SKM, M.Kes selaku pembicara.

Kegiatan kuliah umum dan seminar tentang sain dengan tema “Natural Conservation Education for a Better Life : Education Aspect of Natural Product”seperti ini merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dalam kegiatan akademik di Program Pascasarjana Pendidikan IPA FKIP Unib dalam rangka menambah pengalaman dan pengayaan ilmu bagi para mahasiswa.

“Kemudian melalui kegiatan seminar ini para mahasiswa dapat bertatap muka langsung dengan narasumber sekaligus menyerap informasi-informasi yang berisi ilmu pengetahuan,” ujar Plt. Ketua Program Pascasarjana Pendidikan IPA FIKIP Unib, DR. Aceng Ruyani, M.S.

Dikatakan DR. Aceng, ciri dari pelaksanaan pendidikan IPA adalah conservation. Lulusan pascasarjana IPA bukan hanya sekedar bergelar M.Si tetapi juga memiliki komitmen terhadap perkembangan ilmu pendidikan yang berbasis pada alam. Pendidikan pascasarjana IPA dalam proses pembelajarannya menekankan pada 2 hal yakni, penguasaan konten pendidikan dan pembelajaran, yang didalam pembelajarannya dilakukan penelitian terhadap sain dan penelitian terhadap pembelajaran.

Science research bertujuan untuk mengetahui potensi alam yang dimiliki daerah sehingga dapat dikembangkan/diberdayakan dan Learning research merupakan aktifitas di dalam kelas yang membawa pesan dari science research yang disesuaikan dengan kompetensi dasar pembelajaran yang sedang berlangsung.

“Untuk melahirkan pendidik yang mampu mewujudkan  Natural Conservation Education for a Better Life bagi lingkungan didiknya, program pasacasarjana pendidikan IPA juga membekali mahasiswanya dengan kemampuan green teacher, teaching green dan green school,” papar DR. Aceng.

Pantauan Tim Humas Unib, kegiatan kuliah umum yang dibuka secara resmi oleh Rektor Unib Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D itu disambut antusias oleh ratusan peserta dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Rektor Unib Prof. Zainal Muktamar memberikan apresiasi kepada program S2 pendidikan IPA yang telah melaksanakan kuliah umum tentang sain. “Dengan kuliah umum seperti ini banyak sekali informasi, pengalaman dan ilmu pengetahuan yang bisa didapat oleh para mahasiswa,” ujar Rektor.[dwi/hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates