.
Breaking News
Home » Berita Utama » Rapat Kerja Ketua LPM BKS PTN Barat : Unib Tuan Rumah KKN Bersama 2012
Rapat Kerja Ketua LPM BKS PTN Barat : Unib Tuan Rumah KKN Bersama 2012

Rapat Kerja Ketua LPM BKS PTN Barat : Unib Tuan Rumah KKN Bersama 2012

PERTEMUAN dan rapat kerja (Raker) Ketua Bidang Ilmu, Kepala LPM dan Ketua Unit Pelaksana KKN anggota Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah Barat yang dihelat Senin (19/3) di ruang rapat III gedung rektorat Unib, membahas dua topik penting yakni Jurnal Ilmiah dan Pemantapan Program KKN Bersama.

Untuk membahas kedua topik itu, para peserta rapat dari 20 PTN anggota BKS PTN Barat dibagi dua kelompok. Kelompok pertama membahas tentang Pemantapan KKN Bersama dipimpin Ketua LPM Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr. Ir. Entis Sutisna Halimi, M.Sc sebagai Sekretaris Eksekutif BKS PTN Barat. Sedangkan kelompok kedua yang melaksanakan rapat di ruang rapat 1 rektorat Unib dipimpin Pembantu Rektor I Unib Dr. Ir. Fahrurrozi, M.Sc sebagai Sekretaris BKS PTN Barat.

Terkait KKN Bersama, ke 20 PTN anggota BKS PTN Barat sepakat untuk memantapakan dan sama-sama berkomitmen untuk melaksanakannya. Program KKN Bersama dinilai sangat bagus dan bermanfaat khususnya dalam menambah wawasan dan pengalaman para mahasiswa, serta dapat meningkatkan kesatuan dan persatuan serta persaudaraan antar mahasiswa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

KKN Bersama yang akan dilakukan PTN anggota BKS Barat ada dua kategori, yakni KKN Bersama yang melibatkan banyak PTN atau bersifat multilateral dan KKN Bersama antar dua atau tiga PTN yang berdekatan dan berbatasan wilayah atau bersifat bilateral.

“Semua PTN sepakat memantapkan dan melaksanakan KKN Bersama multilateral dan bilateral. Untuk KKN Bersama multilateral 2012, yang jadi tuan rumah adalah Universitas Bengkulu (Unib). Jumlah peserta sekitar 150 orang dan saat ini sudah 6 PTN yang menyatakan siap mengirim peserta ke Unib Juli – Agustus mendatang, seperti Unja, Unsri, Untan, Untirta dan IPB,” ujar Dr. E.S Halimi kepada Tim Humas Unib.

Kemudian untuk KKN Bersama bilateral, sejumlah PTN anggota BKS Barat juga siap melaksanakan dan siap mengirim peserta. PTN yang sudah siap melaksanakan seperti Unimed dan PTN yang siap mengirim antara lain Unimal, Unri, Unja, dan Unila. “Hampir semua PTN yang saling berdekatan wilayah menyatakan siap melaksanakan dan siap mengirim peserta jika mereka diundang,” papar Dr. Halimi.

Dr. Halimi mengatakan, pada rapat kerja yang berlangsung tertib dan lancar, penuh keakraban serta rasa kekeluargaan itu juga disepakati bahwa kegiatan rapat semacam ini akan dijadikan agenda rutin bagi para Ketua LPM anggota BKS PTN Barat. Bahkan peserta rapat telah sepakat menentukan tempat pertemuan atau rapat berikutnya. “Berdasarkan kesepakatan dan jika tidak ada halangan, rapat berikutnya di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan,” tukas Dr. Halimi.

Pantauan Tim Humas Unib, pelaksanaan rapat kerja Ketua Bidang Ilmu, Kepala LPM dan Ketua Unit Pelaksana KKN anggota BKS-PTN Barat memang berlangsung tertib, lancar dan penuh keakraban. Rapat ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D yang sekaligus sebagai Ketua BKS-PTN Barat. Para peserta rapat tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan usai rapat mereka diajak berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kota Bengkulu, malam harinya mereka dijamu makan malam bersama oleh Rektor Unib di hall rektorat. [hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates