.
Breaking News
Home » Berita Utama » Pertandingan Bola Basket Lustrum VI Unib : 18 Peserta, SMKN I Kota Bengkulu Juara I
Pertandingan Bola Basket Lustrum VI Unib : 18 Peserta, SMKN I Kota Bengkulu Juara I

Pertandingan Bola Basket Lustrum VI Unib : 18 Peserta, SMKN I Kota Bengkulu Juara I

PERTANDINGAN bola basket yang digelar panitia dies natalis ke-30 atau lustrum VI Unib, Rabu sore (28/3) memasuki babak final. Dari 18 tim bola basket SLTA sederajat se Provinsi Bengkulu yang berlaga sejak 22 Maret lalu, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Kota Bengkulu akhirnya keluar sebagai juara I kategori putra dan tim putri dimenangkan SMAN 6 Kota Bengkulu.

Di babak final, tim putra SMKN I Bengkulu  berhasil merebut juara I sekaligus juara bergilir Rektor Unib setelah mematahkan perlawanan tim putra SMAN 6 Kota Bengkulu. Dari hasil ini, SMAN 6 Kota Bengkulu yang merupakan juara tahun lalu kini harus puas berada di juara II.

Pertandingan babak final ini disaksikan langsung Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D sekaligus Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Bengkulu, Pembantu Rektor II sekaligus Ketua Penitia Dies Natalis ke 30 Unib Prof. Dr. H. Wachidi, M.Pd, Pembantu Rektor I Dr. H. Fahrurrozi, Pembantu Rektor III H. Hutapia Wazir, ME, dan Pembantu Pektor IV Drs. Azhar Marwan, M.Si, para Kabag dan Kasubbag selingkung Unib serta puluhan sporter dari tim yang berlaga.

Di babak penentuan ini kedua tim putra bersaing ketat dan saling memberikan perlawanan sengit. Pada set atau kuarter pertama dan kedua, tim putra SMAN 6 berhasil mengungguli SMKN I dengan skor 6 – 3 dan 12 – 11. Namun di penghujung kuarter ketiga, SMKN I berhasil mencuri poin sekaligus memimpin pertandingan dengan skor 20 terpaut 3 angka dari SMAN 6 yang hanya 17 angka.

Memasuki detik-detik akhir pertandingan, tepatnya di penghujung kuarter 4, persaingan kedua tim semakin seru dan sengit. Tim SMAN 6 terus berusaha sekuat tenaga untuk meraih kemenangan, namun ‘dewi purtuna’ tampaknya belum berpihak pada mereka, dan hingga pluit wasit berbunyi, tim ini terpaksa merelakan gelar juara kepada SMKN I dengan perolehan angka atau skor yang sangat tipis yaitu 25 – 24.

Data dihimpun, di babak semifinal tim bola basket putra SMKN I Kota Bengkulu berhasil memenangkan pertandingan atas SMAN I Bengkulu Selatan. Dan SMAN 6 Kota Bengkulu menang atas SMAN 5 Bengkulu Selatan. Hasil akhir pertandingan, SMAN I Bengkulu Selatan harus puas berada di juara III.

Sementara untuk tim putri, dari 4 tim yang berlaga, di babak final menemukan tim SMAN 6 Kota Bengkulu dengan SMAN I Bengkulu Selatan. Setelah melewati 4 kuarter pertandingan yang berlangsung seru, akhirnya SMAN 6 Kota Bengkulu yang unggul sepanjang kuarter berhasil meraih juara I. SMAN I Bengkulu Selatan harus puas di juara II dan juara III diraih SMAN 8 Kota Bengkulu.

Usai menyaksikan pertandingan babak final, Rektor Unib beserta para pembantu rektor langsung menyerahkan piala, piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada para pemenang lomba. Selain kepada tim basket, panitia juga memberikan hadiah kepada Agung (SMKN I Kota Bengkulu) sebagai pemain terbaik putra dan Erin (SMAN 6 Kota Bengkulu) sebagai pemain terbaik putri serta Sudarman, S.Pd alias Pak Udak selaku pelatih terbaik.

Rektor Unib Prof. H. Zainal Muktamar dalam sambutannya mengatakan, selain untuk memeriahkan perayaan lustrum VI Unib, pertandingan bola basket ini rutin dilaksanakan dalam rangka mewadahi dan menjaring minat dan bakat para siswa SLTA se Provinsi Bengkulu sehingga bisa muncul para atlet bola basket handal.

“Kemudian, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wadah silahturahmi antar Unib dengan sejumlah SLTA di Bengkulu maupun antara SLTA yang satu dengan lainnya. Selamat kepada para pemenang lomba dan selamat serta terimakasih kepada panitia dan pihak-pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini,” ujar rektor serya menutup acara.

Koordinator kegiatan yang juga sebagai Kasubbag Kemahasiswaan Universitas Bengkulu, Wuryanto, SP mengatakan, setiap tahun peserta pertandingan bola basket tingkat SLTA dalam rangka dies natalis Unib terus bertambah. Sebelumnya hanya 12 SLTA, kini ada 14 SLTA yang ikut dalam pertandingan ini. “Ke depan, kita akan terus berusaha agar peserta semakin banyak dan kegiatan ini semakin meraih,” ujarnya.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates